Efektivitas penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI Kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hurriyah, Rohmatul (2024) Efektivitas penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI Kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Hurriyah_06040120103 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rohmatul Hurriyah_06040120103 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan. Penelitian ini mengkaji beberapa masalah, yakni: 1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan, 2) Level kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan, 3) Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan field research dengan model pretest-posttest control group design untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran flipped classroom. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan cara pengambilan berdasarkan tujuan dari suatu populasi. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara perhitungan melalui analisis statistik deskriptif dan parametrik. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan berjalan dengan baik. 2) Model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran PAI berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata skor sebesar 62,70 pada kelas kontrol dan 68,60 pada kelas eksperimen. Namun setelah penerapan model pembelajaran flipped classroom, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan hasil 83,15 kelas kontrol dan 92,45 kelas eksperimen. 3) Penerapan model pembelajaran flipped classroom memiliki efektivitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hurriyah, Rohmatulhurriyahrohmatul8@gmail.com06040120103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyudi, M. Suyudisuyudi.insuri@gmail.com2001045703
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Efektivitas; Model Pembelajaran Flipped Classroom; Kemampuan Berpikir Kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmatul Hurriyah
Date Deposited: 18 May 2024 05:20
Last Modified: 18 May 2024 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70127

Actions (login required)

View Item View Item