Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga melalui pengelolaan Tomat di Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fawika, Ukhna (2023) Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga melalui pengelolaan Tomat di Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ukhna Fawika_B92219134 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ukhna Fawika_B92219134 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat khusunya Ibu-Ibu rumah tangga RT 10 RW 01 dengan cara memanfaatkan asset-aset yang ada di Desa Sendangharjo mulai darihasil pertanian masyarakat yang melimpah sampai kreatifitasan masyarakat dalam bidang memasak sehingga bisa menjadi asetyang bernilaiunggul. Dalam penelitian ini memiliki 3 fokus yakni: pertama,strategi memberdayakan masyarakat Desa Sendangharjo dalam upaya meningkatnya ekonomi keluarga. Kedua, melakukan proses pemberdayaan sehingga di ketahui hasil dari sebelum dan sesudah dilakukan pemberdayaan. Ketiga: relevansi pemberdayaan masyarakat Desa Sendangharjo dengan pengembangan masyarakat Islam. Dalam pemberdayaan ini peneliti menggunakan metode ABCD (Asset Bassed Community Development) yaitu pendekatan pendampingan masyarakat yang dari awal sudah menempatkan manusia untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki serta potensi dan aset yang potensial untuk dimanfaatkan. Pendekatan ABCD (Asset Bassed Community Development) memiliki 5 kata kunci yakni: 1.Discovery(menemukan),2.Dream (memimpikan),3.Design(merancang),4.Define(menentukan),5. Destiny(melakukan).Dari 5 kata kunci atau 5 tahapan tersebut peneliti mengajak masyarakat untuk mengenali asset mereka sendiri dan kemudian mengajak masyarakat untuk mendiskusikan mengenai harapan atau mimpi mereka kedepan dengan asset tersebut yang kemudian di wujudkan bersama dengan harapan meningkatkan perekonomian mereka. Strategi pemberdayaan yang telah peneliti lakukan bersama masyarakat yaknimelakukan pengelolaan, membentuk kelompok, membentuk draf kebijakan. dan hasil dari pemberdayaan tersebut adalah masyarakat berhasil atau mampu memanfaatkan aset melalui kreatifitas yang mereka punya.Pemberdayan tersebut sudah di jelaskan di Al-Qur’an Surat Al-kahfi ayat 84 yang memberikan pemahaman kepada manusia bahwa manusia diberikan sarana serta potensi oleh Allah untuk dimanfaatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fawika, Ukhnaukhnafa@gmail.comB92219134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Tomat; Peningkatan Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhna Fawika
Date Deposited: 18 May 2024 07:20
Last Modified: 18 May 2024 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70144

Actions (login required)

View Item View Item