Strategi gerakan dakwah ekonomi pimpinan cabang Muhammadiyah di Babat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamaluddin, Muhammad (2023) Strategi gerakan dakwah ekonomi pimpinan cabang Muhammadiyah di Babat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hudy Arofi_08020520021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Hudy Arofi_08020520021_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Strategi Dakwah Ekonomi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Babat”. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana strategi gerakan dakwah ekonomi PCM babat? b). Apa kontribusi gerakan dakwah ekonomi PCM babat terhadap pengembangan masyarakat? Tesis ini menggunakan metode penelitian dakwah ekonomi yang memiliki tiga tahapan, yaitu heuristik sebagai tahapan pengumpulan data, kritik sebagai tahapan mencari keotentikan data, interpretasi sebagai tahapan dalam penafsiran fakta dalam bentuk penulisan tesis ini. Metode tersebut didukung dengan penggunaan dua teori, yaitu kerangka teori Teori Strategi Samuel C. Certo dan Trevis Certo dan teori ekonomi Islam yang di gagas oleh Dawam Rahardjo. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi dakwah ekonomi masyarakat menurut Muhammadiyah terdiri dari beberapa hal-hal penting sebagai berikut: a) Memunculkan dan mengembangkan kesadaran terkait kekuatan ekonomi umat yang dimulai pada tingkat lokal dengan pendekatan partisipasi kolektif seluruh masyarakat, baik itu anggota Muhammadiyah sendiri serta masyarakat sekitar, untuk mencapai keswadayaan dan kemandirian. b) Pembentukan dan pengembangan kelembagaan masyarakat dalam bidang ekonomi. c) Meningkatkan kapasitas anggota selaku pengusaha kecil. Program pengembangan dalam bidang ekonomiu di PCM Babat diantaranya: KKM (Koperasi Karyawan Muhammadiyah), BTM Mulia, dan Perumahan Puncak Wangi. Peran Muhammadiyah Babat dalam gerakan ekonomi melalui amal usaha dengan mengoptimalkan faktor-faktor produksi yang dimiliki persyarikatan, yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusianya, mengembangkan jiwa enterpreneur warga Muhammadiyah sekaligus meningkatkan produktivitas aset.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamaluddin, Muhammadmuhammad.jamaluddin070800@gmail.com02040122019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunff@yahoo.co.id2014058201
Subjects: Administrasi > Administrasi Umum
Toleransi Islam
Adab > Washil bin Atha
Keywords: Gerakan; dakwah; ekonomi; Muhammadiyah
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Muhammad Jamaluddin
Date Deposited: 17 May 2024 07:08
Last Modified: 17 May 2024 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70153

Actions (login required)

View Item View Item