Pengaruh voucher diskon, pengalaman konsumen, dan persepsi nilai terhadap minat beli ulang konsumen pada layanan shopeefood: studi pada generasi z di sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfayyadl, Ahmad Humam (2023) Pengaruh voucher diskon, pengalaman konsumen, dan persepsi nilai terhadap minat beli ulang konsumen pada layanan shopeefood: studi pada generasi z di sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Humam Alfayyadl_G93218074 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ahmad Humam Alfayyadl_G93218074 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Platform Shopeefood adalah platfrom berbasis pengantaran atau pengiriman yang dioperasikan oleh PT Shopee Internasional Indonesia beserta afiliasi dan juga anak perusahaannya. Jauh sebelum adanya Platfrom food delivery Service Shopeefood, Gofood da Grabfood telah mendominasi, mereka terlebih dahulu terjun dalam Food Deliverry Order. Namun, di sisi lain hal ini pula yang menjadi tantangan untuk shopeefood bersaing dengan platform food delivery yang sudah besar seperti Gofood dan Grabfood, shopeefood harus mencari daya tarik serta promosi yang tepat untuk menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan vouvher diskon, pengalaman konsumen, dan persepsi nilai terhadap minat beli ulang generasi Z di Sidoarjo pada layanan Shopeefood. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan data primer dan metode analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran angket berupa google form terhadap responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 121 ressponden yang dipilih secara acak dengan kriteria generasi Z di Sidoarjo dan pernah melakukan pembelian ulang pada layanan Shopeefood. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa Voucher Diskon, Pengalaman Konsumen, dan Persepsi Nilai secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang sebagai mana ditunjukan hasil analisis uji t pada Voucher Diskon sebesar 2,005 dengan nilai sig 0,047. Pengalaman Konsumen sebesar 2,303 dengan nilai sig 0,023. Dan Persepsi Nilai sebesar 6,598 dengan nilai sig 0,000. Sedangkan hasil uji f (simultan) membuktikan bahwa Voucher Diskon, Pengalaman Konsumen, dan Persepsi Nilai berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang dengan pengaruh antar variabel sebesar 60,229 dengan nilai sig 0,000. Dari hasil penelitian ini diharapkan peneliti dapat meningkatkan sektor pemasaran khususnya pada voucher diskon, pengalaman konsumen, dan persepsi nilai agar pertumbuhan minat beli ulang konsumen dapat konsisten. Bagi layanan shopeefood diharapkan memiliki perencanaan promosi serta penawaran yang lebih strategis ditujukan agar dapat menstimulus konsumen untuk melakukan pembelian ulang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfayyadl, Ahmad Humamahmadhumam35@gmail.comG93218074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsa.ac.id2005098202
Subjects: Manajemen
Keywords: Voucher Diskon; Pengalaman Konsumen; Persepsi Nilai; Minat Beli Ulang; Generasi Z.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: ahmad humam alfayyadl
Date Deposited: 20 May 2024 02:24
Last Modified: 20 May 2024 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70174

Actions (login required)

View Item View Item