Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamila, Lana Najma (2024) Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lana Najma Kamila_06040120085.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lana Najma Kamila_06040120085_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Lana Najma Kamila, 06040120085, 2024, Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan. Penelitian ini berjudul “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan” yang dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang muncul dalam penerapan kurikulum merdeka belajar hingga saat ini khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui langsung (1) bagaimana penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan, (2) bagaimana problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan serta (3) bagaimana strategi guru dalam mengatasi permasalahan yang muncul dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajara pendidikan agama Islam kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi baik di kelas ataupun di luar kelas, wawancara dengan kepala sekolah; guru pendidikan agama Islam kelas IV dan siswa kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan kerelevanan data yang diperoleh dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa, (1) penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SDI Siti Khadijah Wonorejo Pasuruan terbilang cukup baik meskipun masih belum maksimal. (2) problematika yang muncul dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SDI Siti Khadjah Wonorejo Pasuruan meliputi kurangnya pemahaman guru terkait model dan metode pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar, kurangnya pemahaman guru terhadap teknologi dan cara pengoperasiannya dalam pembelajaran, serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai. (3) Strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam kelas IV dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan pemhamaan terkait model dan metode pembelajaran dengan mengikuti pelatihan ataupun sharing dengan guru lain, serta memperluas pemahaman terkait teknologi dan cara pengoperasiannya dengan belajar mempelajarinya sendiri ataupun dengan guru lain yang lebih paham. Selain itu, guru juga harus mengembangkan kreativitasnya dan sharing dengan guru lain agar penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV tetap dapat terlaksana dengan baik meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasana di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamila, Lana Najmalana.kamila03@gmail.com06040120085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Pendidikan Islam
Pengajaran
Keywords: Problematika; kurikulum merdeka belajar; mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email lana.kamila03@gmail.com
Date Deposited: 20 May 2024 03:12
Last Modified: 20 May 2024 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70189

Actions (login required)

View Item View Item