Pengembangan masyarakat melalaui pemanfaatan teknologi pangan pengelolaan Pisang menjadi Tepung di Dusun Kandang Barat Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadijah, Intan (2022) Pengembangan masyarakat melalaui pemanfaatan teknologi pangan pengelolaan Pisang menjadi Tepung di Dusun Kandang Barat Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Hadijah_B52218037 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Intan Hadijah_B52218037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Strategi yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu pengajian untuk berdiskusi, memberikan edukasi, melakukan pelatihan pengelolaan pisang menjadi tepung, pembentukan kelompok usaha, melakukan kemitraan dengan jaringan usaha serta harus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Desa. Penelitian ini menggunakan metode ABCD, dimana fokus kajiannya terkait dengan pengembangan aset yang dimiliki oleh masyarakat. Pendampingan ini diikuti oleh kelompok ibu-ibu pengajian Dusun Kandang Barat. Dimana peneliti melakukan pendampingan dengan memanfaatkan aset berupa buah pisang. Partisipasi para ibu-ibu dapat dilihat dari awal proses pendekatan sampai pada tahap evaluasi program. Perubahan yang terjadi setelah dilakukannya pendampingan ini adalah adanya edukasi dan pelatihan kepada masyarakat, pembentukan kelompok usaha, masyarakat menemukan mitra jaringan usaha, mendapatkan legalitas usaha dari desa serta bisa menunjang perekonomian mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadijah, Intanintanhadijah94@gmail.comB52218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Buah-buahan
Pengabdian Masyarakat
Teknologi pangan
Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Pengajian; Kemandirian Ekonomi; Buah Pisang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Intan Hadiijah
Date Deposited: 25 May 2024 13:09
Last Modified: 25 May 2024 13:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70234

Actions (login required)

View Item View Item