Model dan efektivitas pembiayaan di Bank Wakaf Mikro: studi Komparasi pada Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo dan Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khilmia, Aqif (2024) Model dan efektivitas pembiayaan di Bank Wakaf Mikro: studi Komparasi pada Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo dan Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqif Khilmia_02040321037 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aqif Khilmia_02040321037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat rumusan masalah tentang (1) Bagaimana model pembiayaan pada Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo dan Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera, (2) Bagaimana efektivitas pembiayaan pada Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo dan Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera, dan (3) Bagaimana komparasi model dan efektivitas pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo dan Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan responden yang terdiri dari manager, supervisor, serta 10 nasabah dari masing-masing Bank Wakaf Mikro. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode, triangulasi teori, dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo dan Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera menerapkan konsep pembiayaan tanpa agunan dengan akad qarḍul hasan, berbasis kelompok, nominal berkisar Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000, tenor angsuran antara 40 atau 50 minggu, menerapkan sistem tanggung renteng, dan memberikan pendampingan berbasis kelompok. Kriteria usaha tidak dibatasi dan nasabah harus memiliki usaha. (2) Efektivitas pembiayaan diukur dengan teori Campbell, meliputi pemahaman program, ketepatan sasaran, pencapaian tujuan, dan dampak perubahan. Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo maupun Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera dikatakan efektif karena telah memenuhi seluruh indikator tersebut dan telah mencapai tujuan pembiayaan yang direncanakan. (3) Model dan efektivitas pembiayaan di Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo lebih efektif dari Bank Wakaf Mikro Amanah Makmur Sejahtera. Hal itu ditinjau dari aspek nasabah, aspek penyaluran dana, aspek biaya imbalan, aspek operasional, aspek tanggung renteng, dan aspek dampak perubahan. Karena Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo memiliki sasaran target nasabah yaitu jam’iyyah yang berbasis komunitas, pembiayaan kumulatif hingga 2023 mencapai 4,3 milyar dengan total nasabah kumulatif 2,7 ribu, tidak menerapkan imbalan pada pendampingan, angsuran selalu lancar sehingga belum mengimplementasikan sistem tanggung renteng, dan pendapatan nasabah per bulan meningkat dengan total persentase 226%. Peneliti selanjutnya perlu melakukan studi komparatif mengenai risiko, tantangan, dan potensi kontribusinya terhadap perekonomian lokal. OJK perlu memperkuat kerjasama dengan lembaga keuangan lain untuk meningkatkan pembiayaan dan jumlah nasabah. BWM perlu mengadakan sesi pelatihan dan konsultasi dengan mentor ahli pengembangan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khilmia, Aqif02040321037@student.uinsby.ac.id02040321037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Wakaf
Keywords: Model Pembiayaan; Efektivitas Pembiayaan; Bank Wakaf Mikro
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aqif Khilmia
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:25
Last Modified: 05 Aug 2024 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70237

Actions (login required)

View Item View Item