تحليل الصراع الاجتماعى في مسرحية "شمس النهار" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendy, Achmad Rizal (2024) تحليل الصراع الاجتماعى في مسرحية "شمس النهار" لتوفيق الحكيم. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Rizal Efendy_03040120078.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Achmad Rizal Efendy_03040120078_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Drama Syamsu Nahar menceritakan tentang konflik sosial berupa percintaan, keserakahan, dan pencurian uang istana. Dalam drama ini konflik sosialyang ditonjolkan adalah konflik tentang percintaan antara Syamsu Nahar dengan Qomar Zaman yang tidak mendapatkan restu dari sulthan Nu’man. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki macam-macam dan sebab-sebab konflik sosial yang terjadi dalam drama Syamsu Nahar karya dari Taufiq Al-hakim yang memiliki alur cerita yang menarik dan tidak lepas dengan nilai-nilai moral. Penelitian ini menggunakan teori Lewis A Coser dan teori Grimsci. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pada obyek naskah drama Syamsu Nahar karya Taufiq Al-hakim. Pengumpulan data dilakukan melalui membaca seluruh sumber yang berkaitan dengan pembahasan ini. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa macam-macam kejadian konflik sosial yang terjadi pada drama “Syamsu Nahar” karya Taufiq Al-hakim, sebagai berikut: konflik pertama, terjadi antara individu dengan individu lainnya terdapat sepuluh konflik; konflik kedua, terjadi antara kelompok dengan kelompok terdapat empat konflik. Adapun penyebab konflik sosial yang terjadi pada drama “Syamsu Nahar” karya Taufiq Al-hakim sebagai berikut: pertama, perbedaan pendapat antara individu dengan individu terdapat sepuluh konflik; kedua, perbedaan budaya terdapat satu konflik; ketiga, perbedaan kepentingan antara kelompok dengan kelompok lainnya terdapat empat konflik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendy, Achmad Rizalachmadefendy31@gmail.com03040120078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Nasikulayah_azmee@yahoo.com132101811755
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Subjects: Adab
Adab > Washil bin Atha
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Konflik sosial; drama “Syamsu Nahar"
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rizal Efendy
Date Deposited: 28 May 2024 01:08
Last Modified: 28 May 2024 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70250

Actions (login required)

View Item View Item