Strategi guru PAI dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA Negeri 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Nur Izzatul (2023) Strategi guru PAI dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA Negeri 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izzatul Ulya_D01219044.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Nur Izzatul Ulya_D01219044_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana strategi seorang guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Bagaimanakah Desain Pembelajaran PAI berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di SMA Negeri 15 Surabaya?, 2) Bagaimana Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran PAI Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di SMA Negeri 15 Surabaya?, 3) Apa yang Menjadi Faktor Pendukung dalam Pembelajaran PAI Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di SMA Negeri 15 Surabaya?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di SMA Negeri 15 Surabaya. Sumber data utama penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas XI serta kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa; 1) Desain pembelajaran PAI berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA Negeri 15 Surabaya yaitu dimulai dari kegiatan awal, guru memberikan stimulus kepada peserta didik agar dapat membuka logika berpikirnya dengan brain storming. Pada kegiatan inti difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui metode pembelajaran yang bervariasi. Pada kegiatan penutup, guru PAI melakukan penguatan materi dan mempersilahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari; 2) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang diterapkan. Dalam merencanakan pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi guru harus mencantumkan Kata Kerja Operasional (KKO) dalam Indikator Ketercapaian Kompetensi, dengan begitu maka pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi akan berjalan dengan efektif; 3) Faktor yang dapat mendukung terlaksananya pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah Kebijakan dan Komitmen Kepala sekolah, Kreativitas guru, Peserta didik yang memumpuni, dan Sarana-prasarana yang lengkap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Nur Izzatulnurizzatul234@gmail.comD01219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorAchmad Muhibbin, Zuhriamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strateg; desain pembelajaran; keterampilan berpikir tingkat tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur izzatul ulya
Date Deposited: 31 May 2024 01:47
Last Modified: 31 May 2024 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70313

Actions (login required)

View Item View Item