Diplomasi publik persatuan sepak bola seluruh indonesia dalam meningkatkan citra positif Indonesia di mata fédération internationale de football association (FIFA) untuk menyelenggarakan piala dunia U-17

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Achmad Mauludin (2024) Diplomasi publik persatuan sepak bola seluruh indonesia dalam meningkatkan citra positif Indonesia di mata fédération internationale de football association (FIFA) untuk menyelenggarakan piala dunia U-17. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Mauludin Aulia_10020220026 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Mauludin Aulia_10020220026 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan PSSI dalam meningkatkan citra positif Indonesia di mata FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-17. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis pertanyaan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan wawancara mendalam yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman. Penulis menganalisis upaya PSSI tersebut dengan menggunakan pendekatan tiga dimensi diplomasi publik Mark Leonard antara lain news management, strategic communication, dan relationship building. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, PSSI melakukan upaya penyebaran informasi harian seputar sepak bola dengan memanfaatkan media sosial, dan website resmi PSSI. Kedua, dalam merangkai komunikasi yang baik dan strategis, Ketua Umum PSSI mengkampanyekan terkait misi besar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada seri selanjutnya. PSSI juga memiliki persiapan dan perencanaan sejak Piala Dunia U-20 yang dibatalkan, seperti renovasi stadion berstandart FIFA, struktur kepanitian, serta peluncuran maskot Piala dunia. ketiga PSSI membangun hubungan baik dengan FIFA dan bekerja sama dengan sponsor lokal ketika menjalani pertandingan internasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Achmad Mauludinamalludin98765@gmail.com10020220026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad Qobidl ‘Ainulm.qobid@uinsby.ac.id0623088402
Subjects: Hubungan Internasional
Olah Raga
Keywords: Diplomasi publik; PSSI; FIFA World Cup U-17; Citra Positif
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Achmad Mauludin Aulia
Date Deposited: 29 May 2024 02:53
Last Modified: 29 May 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70323

Actions (login required)

View Item View Item