Kepengawasan kepala Madrasah dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthi'ah, Rizka Amaliah (2023) Kepengawasan kepala Madrasah dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Amaliah Muthi'ah_D93219096 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Rizka Amaliah Muthi'ah_D93219096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh personal pendidik yang merupakan salah satu unsur penting dalam mencapai tujuan pendidikan di madrasah. Sejalan dengan hal itu, pengawasan merupakan salah satu komponen penting yang berperan dalam menentukan berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan. Pengawasan kepala madrasah merupakan bagian dari upaya meningkatkan disiplin dan etos kerja guru madrasah, yang diharapkan dapat melaksanakan tanggung jawabnya secara profesional untuk memastikan kegiatan belajar mengajar yang aktif, efektif, dan efisien. Dengan pengawasan yang tepat, guru dan kepala madrasah dapat memahami tantangan apa yang dihadapi serta cara mengatasi tantangan tersebut sehingga dapat diketahui perubahan positif yang terjadi dari waktu ke waktu. Fokus penelitian yang akan peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah; 1)Pelaksanaan pengawasan kepala madrasah pada guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatkan disiplin dan etos kerja guru, 3) Dampak kepengawasan kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin dana etos kerja guru dia Madrasahx Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yakni pelaksanaan pengawasan di madrasah dilakukan secara langsung dan tidak langsung serta telah berjalan dengan efektif. Faktor peningkatan disiplin dan etos kerja guru Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru adalah kebijakan pimpinan, kesadaran diri, dan komunikasi. Dampak positif dari pengawasan kepala madrasah adalah meningkatkan akuntabilitas, meningkatkan disiplin dan etos kerja guru, serta meningkatkan ketakwaan. Sedangkan dampak negatif dari pengawasan kepala madrasah adalah untuk guru yang belum menyadari akan pentingnya pengawasan, guru akan merasa diawas-awasi dan terbebani dengan pengawasan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthi'ah, Rizka Amaliahrizka.am23@gmail.comD93219096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyanti, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Disiplin Sekolah
Etos Kerja
Guru
Keywords: Pengawasan kepala madrasah; disiplin dan etos kerja; guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizka Amaliah Muthi'ah
Date Deposited: 30 May 2024 07:19
Last Modified: 30 May 2024 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70356

Actions (login required)

View Item View Item