Efektivitas strategi fundraising dalam peningkatan dana ZIS di masa pandemi covid-19 melalui program bidang kesehatan pada LAZ Yatim Mandiri Cabang Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shafira, Ertya Mirinda (2022) Efektivitas strategi fundraising dalam peningkatan dana ZIS di masa pandemi covid-19 melalui program bidang kesehatan pada LAZ Yatim Mandiri Cabang Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ertya Mirinda Shafira_G05218009 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ertya Mirinda Shafira_G05218009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Hasil dari penelitian menunjukkan Strategi yang dilakukan LAZ Yatim Mandiri Cabang Surabaya dalam peningkatan dana ZIS di masa pandemi melalui program bidang kesehatan sudah berjalan dengan baik sesuai rencana. Strategi fundraising yang dilakukan melalui tahap perencanaan strategi, menetapkan program yang diguanakan sebagai sarana fundraising dalam penelitian ini program yang digunakan yait program kesehatan, menetapkan tujuan fundraising, mengidentifikasi sumber dana dan daya dengan menetapkan target dan mengidentifikasi calon donatur, mempersiapkan tim dan rencana kerja , melakukan evaluasi program kerja. Metode fundraising yang dilakukan LAZ Yatim Mandiri Surabaya melalui dua cara yaitu secara langsung dan juga melalui media sosial. Strategi fundraising yang dilakukan melalui media sosial mendapatkan respon yang baik oleh masyarakat mereka sangat antusias ingin membantu masyarakat yang membutuhkan khususnya yang terdampak pandmemi COVID-19, hal ini ditunjukan dengan perolehan tertinggi yang didapatkan dalam tahun 2021 pada bulan juli 2021 dimana pucak pandemi terjadi. Namun strategi ini masih belum berjalan efektif dikarenakan belum mencapai target yang diingingkan dalam peroleh dana ZIS pada perolehan dalam satu tahun. Bahkan ditemukan adanya penurunan jumlah donatur rutin. Namun, muncul donatur isidentil atau donatur baru pada saat pandemi COVID-19. Dana yang berhasil dihimpun dapat tersalurkan secara tepat kepada penerima manfaat dan masyarakat terdampak COVID-19 melalui program kesehatan yang dimiliki seperi paket sembako, paket gizi, SGQ ,dan juga bantuan untuk pengobatan . Dari hasil penelitian diatas diharapkan LAZ Yatim Mandiri Surbaya lebih meningkatkan kegiatan fundraising dengan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembayaran melalui pembayaran digital, memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana fundraising, memaksimalkan program-program dan menyelenggarakan event sebagai sarana promosi, meningkatkan kerjasama dengan mitra pengelola zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shafira, Ertya Mirindaertyamirindashafira@gmail.comG05218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyihabuddin, Atoksyihabuddin2008@gmail.com2002018502
Subjects: Zakat
Keywords: Efektivitas; Strategi fundraising; LAZ Yatim Mandiri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ertya Mirinda Shafira
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:31
Last Modified: 03 Jun 2024 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70359

Actions (login required)

View Item View Item