Pengaruh media Quizwhizzer terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial peserta didik kelas 4 MI Darul Ulum Kabunan Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Nur Fariha (2024) Pengaruh media Quizwhizzer terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial peserta didik kelas 4 MI Darul Ulum Kabunan Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fariha Maulidia_06010720012 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2027.

Download (7MB)
[img] Text
Nur Fariha Maulidia_06010720012 OK.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik MI Darul Ulum Kabunan Bojonegoro tergolong rendah, terlihat dari pemahaman dan penyerapan pengetahuan selama proses pembelajaran bersama guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional tanpa memanfaatkan media interaktif berbasis teknologi. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Akibatnya, peserta didik cenderung kurang memahami dan menyerap materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Quizwhizzer terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas 4 MI Darul Ulum Kabunan Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode pre-experiment dengan desain one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 MI Darul Ulum Kabunan Bojonegoro dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji N-Gain dan uji hipotesis melalui uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara pretest dan posttest. Hasil pretest didapatkan nilai rata-ratanya sebesar 57,56. Hasil posttest nilai rata-rata setelah diadakan perlakuan sebesar 74,11. Dari hasil uji paired sample t-test diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan thitung sebesar 6,581 serta ttabel 2,055. Karena sig. (2-tailed) < 0,05 dan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh media Quizwhizzer terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial peserta didik kelas 4 MI Darul Ulum Kabunan Bojonegoro. Hasil perhitungan N-Gain hasil belajar peserta didik sebesar 0,456. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan kategori peningkatan berkriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh positif media Quizwhizzer terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas 4 MI Darul Ulum Kabunan Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Nur Farihanurlidia200502@gmail.com06010720012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media Quizwhizzer; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Fariha Maulidia
Date Deposited: 04 Jun 2024 05:00
Last Modified: 04 Jun 2024 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70413

Actions (login required)

View Item View Item