Implementasi kebijakan program bantuan ALADIN dalam meningkatkan rumah layak huni bagi masyarakat Desa Sekaran Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Vian Afif Aqidatul (2024) Implementasi kebijakan program bantuan ALADIN dalam meningkatkan rumah layak huni bagi masyarakat Desa Sekaran Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vian Afif Aqiadatul Izza_10020120066 OK.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Vian Afif Aqiadatul Izza_10020120066 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi kebijakan program bantuan ALADIN yang ada di Desa Sekaran, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Program bantuan ALADIN merupakan program bantuan yang berupa perbaikan rumah, terutama pada bagian lantai. Program bantuan ALADIN disalurkan dalam bentuk material. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan program bantuan ALADIN yang ada di desa Sekaran, kecamatan Balen, kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, dan juga wawancara mendalam dengan beberapa informan yang telah ditentukan. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Edward III yang melihat keberhasilan dari implementasi kebijakan melalui 4 indikator yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur organisasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa komunikasi telah terlaksana antara pemerintah desa dengan masyarakat penerima bantuan ALADIN melalui beberapa tahapan. Namun komunikasi tersebut belum tersalurkan secara menyeluruh kepada masyarakat desa. Selanjutnya terkait sumberdaya menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya implementasi kebijakan program bantuan ALADIN masih membutuhkan dana tambahan dari penerima bantuan. Kemudian terkait disposisi menunjukkan bahwa dalam pemilihan penerima bantuan masih mengedepankan kerabat pemerintah desa sebagai penerima bantuan. Indikator terakhir yakni struktur organisasi dimana dalam implementasi kebijakan program bantuan ALADIN ini belum terdapat SOP dan hanya menggunakan SK sebagai pedoman dalam melaksanakan program bantuan ALADIN. Keberhasilan dari implementasi kebijakan program bantuan ALADIN ini juga didukung dengan adanya ketersediaan dana dari pemerintah desa, adanya dukungan dana tambahan dari penerima bantuan, dan juga pelaksana kebijakan yang telah memiliki kemampuan dibidangnya. Namun dalam implementasi kebijakan program bantuan ALADIN ini juga terdapat masyarakat yang belum memiliki dana tambahan untuk melaksanakan bantuan ALADIN sehingga hal tersebut menjadi penghambat dalam keberhasilan implementasi kebijakan program bantuan ALADIN.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, Vian Afif Aqidatulafifvian9@gmail.com10020120066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahholilah@uinsby.ac.id2018107602
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Implementasi Kebijakan; ALADIN; Rumah Layak Huni
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Vian Afif Aqidatul Izza
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:50
Last Modified: 06 Jun 2024 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70424

Actions (login required)

View Item View Item