This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kholifah, Siti Nur (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV MIM 05 GEMPOL PADING-PUCUK-LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang memiliki rata-rata sebesar 73 (motivasi rendah) yang diikuti dengan rendahnya hasil belajar siswa yang diatas KKM hanya 23%. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode Course Review Horay dalam meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar pada pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa pada siswa kelas IV MIM 05 Gempol Pading, Pucuk, Lamongan dengan menggunakan metode Course Review Horay.
Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, refleksi dengan menerapkan penggunaan metode Course Review Horay yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Jenis penelitian yang dipilih bersifat PTK kolaboratif yaitu guru sebagai observer dan peneliti sebagai pengajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, bentuk data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif adalah angka rata-rata dan persentase motivasi dan hasil belajar dan data kualitatif adalah data berupa deskripsi hasil pengamatan dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode Course Review Horay dalam meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa dikatakan berhasil setelah dilakukan sebanyak dua siklus, 2) adanya peningkatan motivasi belajar pada pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa pada siswa kelas IV MIM 05 Gempol Pading, Pucuk, Lamongan dengan menggunakan metode Course Review Horay. Hal ini dibuktikan melalui hasil observasi aktifitas guru dan siswa. Pada siklus I, hasil observasi aktifitas guru dan siswa sebesar 80,2 dan 72,8, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90,5 untuk guru dan 86,7 untuk siswa. Adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Jawa aksara Jawa melalui metode Course Review Horay terlihat pada peningkatan skor rata-rata motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 80,1 (motivasi rendah) pada siklus I meningkat menjadi 86,1 (motivasi tinggi) pada siklus II dan persentase jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi dan tinggi sebesar 53,8% pada siklus I menjadi 81,8% pada siklus II dan ditunjang dengan peningkatan rata-rata hasil belajar dari 70 pada siklus I menjadi 83 pada siklus II dengan siswa yang nilainya tuntas sebesar 61,5% pada siklus I menjadi 90,9% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Course Review Horay | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | siti nur kholifah | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:40 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7046 |
Actions (login required)
View Item |