Analisis layanan dan fasilitas Namira Syariah Hotel Surabaya perspektif pariwisata halal kemenparekraf RI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Dian Fitra (2023) Analisis layanan dan fasilitas Namira Syariah Hotel Surabaya perspektif pariwisata halal kemenparekraf RI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Fitra Amalia _G04219021 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dian Fitra Amalia _G04219021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari wisata halal adalah untuk memberikan pengunjung rasa aman dan nyaman saat mereka berwisata. Hotel Namira Syariah Surabaya adalah salah satu hotel di Kota Surabaya yang tidak hanya berlabel syariah tetapi juga beroperasi sesuai syariah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan layanan dan fasilitas yang ada Namira Syariah Hotel Surabaya dalam Perspektif Pariwisata Halal Kemenparekraf RI. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, yang dilakukan kepada para informan meliputi Kepala Namira Syariah Hotel Surabaya, Kepala devisi Room Division, Food and Beverage. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles & Hubberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Layanan dan fasilistas Namira Syariah Hotel Surabaya antara lain layanan meliputi penginapan, akomodasi, restaurant, sedangkan fasilitas meliputi fasilitas publik, umum, kamar, bisnis, servis hotel transportasi dan konektivitas. Layanan dan fasilitas Namira Syariah Hotel Surabaya dalam Perspektif Pariwisata Halal Kemenparekraf RI telah sesuai dengan Peraturan Menteri yang memberikan standar akomodasi halal kategori Hilal 1 yaitu makanan yang disajikan sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, memiliki kemudahan untuk bersuci dan beribadah, dan Hilal 2 yang dinilai dari segi pengelolaan, produk, dan pelayanannya. artinya memiliki keleluasaan tertentu berkenaan dengan hukum. Adapun saran yang dapat diberikan penelitian yaituMencoba lebih luas dan aktif untuk mempromosikan wisata Syariah agar banyak masyarakat mengenal manfaatnya wisata syariah dengan melaui media elektronik maupun cetak. Dengan cara melakukan mengenalkan konsep wisata Syariah yang lebih mendalam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Dian Fitraamaliadnfitra@gmail.comG04219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Ekonomi Islam
Pariwisata
Wirausaha
Keywords: Layanan; Fasilitas; Hotel; Pariwisata Halal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dian Fitra Amalia
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:11
Last Modified: 10 Jun 2024 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70514

Actions (login required)

View Item View Item