Gaya kepemimpinan pengasuh dalam mengelola Yayasan Majlis Dikri wa Ta’lim al-Hayyu Medaeng Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Rafi Pratama (2023) Gaya kepemimpinan pengasuh dalam mengelola Yayasan Majlis Dikri wa Ta’lim al-Hayyu Medaeng Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafi Pratama Putra_B94217113 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Rafi Pratama Putra_B94217113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan oleh pengasuh dalam mengelola yayasandan mengetahui faktor-faktor yang mendukung keberhasilan gaya kepemimpinan pengasuh dalam mengelola Yayasan Majlis Dikri Wa Ta’lim Al-Hayyu Medaeng Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdeskriptif dengan perolehan sumber- sumber datanya diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Peneliti melakukan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitiannya sebagai berikut: Pertama, Pengasuh Yayasan Majlis Dzikri Wa Ta’lim memiliki karakteristik gaya kepemimpinan kharismatik yang telah diterapkan dengan efektif dan relevan. Sebab pengasuh memiliki visi, peka terhadap lingkungan, sangat pengertian dengan kemampuan anggotanya, dan responsive terhadap kebutuhan dan perasaan anggota. Pengasuh memiliki cara untuk mempengaruhi seseorang yang terlibat dalam organisasi. Pengasuh juga telah melaksanakan fungsi dan perannya. Kedua, faktor keberhasilan gaya kepemimpinan pengasuh yayasan adalah keaktifan pengurus, identitas pemimpin shohibul anwal, melaksanakan visi misi organisasi, memiliki cara khusus dalam mengelola yayasan, memiliki perencanaan dalam mengatasi masalah, dan penerapan keagamaan yang berkesan. Sedangkan faktor penghambat yaitukurangnya komunikasi, kurangnya sikap amanah, dan perilaku pengasuh yang terburu-buru dalam segi waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Rafi Pratamarafipratamaputra98@gmail.comB9217113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Manajemen Dakwah
Kepemimpinan
Keywords: Gaya kepemimpinan; Yayasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Arsip Dakwah
Depositing User: S.Sos Rafi Pratama
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:22
Last Modified: 12 Jun 2024 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70561

Actions (login required)

View Item View Item