Analisis kemampuan penalaran deduktif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari kepribadian DISC

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uula, Saiidatul (2024) Analisis kemampuan penalaran deduktif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari kepribadian DISC. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saiidatul Uula_D74219033.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Saiidatul Uula_D74219033_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Setiap siswa mempunyai tipe kepribadian yang berbeda. Salah satunya yaitu tipe kepribadian DISC. Tipe kepribadian tersebut berkaitan erat dengan kemampuan penalaran yang dimiliki oleh siswa. Salah satu jenis penalaran yaitu penalaran deduktif. Penalaran deduktif adalah pemikiran logis yang menghasilkan simpulan dari pernyataan umum ke pernyataan khusus menurut prinsip atau fakta yang tersedia. Terdapat kaitan antara kemampuan penalaran dengan tipe kepribadian DISC menjadi dasar dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Waru Sidoarjo pada semester genap. Subjek penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling pada kelas IX-G yaitu masing-masing satu tipe kepribadian DISC. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan penalaran deduktif dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan menurut miles and huberman. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan tipe kepribadian dominance terkategori cukup mampu memenuhi indikator melaksanakan perhitungan dengan rumus atau aturan tertentu dan menarik kesimpulan logis. Pada indikator menyusun pembuktian langsung, subjek dominance terkategori mampu memenuhi indikator tersebut. (2) Siswa dengan tipe kepribadian influence terkategori cukup mampu memenuhi indikator melaksanakan perhitungan dengan rumus atau aturan tertentu dan menyusun pembuktian langsung. Pada indikator menarik kesimpulan logis, subjek influence terkategori mampu memenuhi indikator tersebut. (3) Siswa dengan tipe kepribadian steadiness mempunyai kemampuan penalaran deduktif yang terkategori cukup mampu memenuhi indikator melaksanakan perhitungan dengan rumus atau aturan tertentu. Pada indikator menyusun pembuktian langsung dan menarik kesimpulan logis, subjek steadiness terkategori mampu memenuhi indikator tersebut. (4) Siswa dengan tipe kepribadian compliance terkategori mampu memenuhi ketiga indikator penalaran deduktif yaitu melaksanakan perhitungan dengan rumus atau aturan tertentu, menyusun pembuktian langsung, dan menarik kesimpulan logis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uula, Saiidatuluula0110@gmail.comD74219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Anak > Kepribadian
Keywords: Kemampuan penalaran deduktif; memecahkan masalah matematika; kepribadian DISC
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Saiidatul Uula
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:45
Last Modified: 14 Jun 2024 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70624

Actions (login required)

View Item View Item