Penerapan gaya kepemimpinan servant leadership dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di SD Muhammadiyah 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azifiyah, Wachidah Ella (2024) Penerapan gaya kepemimpinan servant leadership dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wachidah Ella Azifiyah_06010320016.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Wachidah Ella Azifiyah_06010320016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas implementasi servant leadership dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, melibatkan kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai informan. Analisis data dilakukan menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data diuji melalui triangulasi sumber, metode, dan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Surabaya menerapkan gaya kepemimpinan servant leadership yang berorientasi pada partisipasi dan pemberdayaan, menjadikan semua anggota sekolah merasa terlibat dan memiliki tanggung jawab yang sama terhadap keberhasilan dan kegagalan sekolah. (2) Pengembangan SDM di SD Muhammadiyah 4 Surabaya meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan staf melalui pendekatan individual dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembinaan, menciptakan lingkungan belajar inklusif yang mendukung pertukaran pengalaman dan pengetahuan serta memantapkan kepemimpinan. (3) Implementasi servant leadership di SD Muhammadiyah 4 Surabaya mengubah budaya kepemimpinan dan kinerja organisasi secara positif. Kepala sekolah dan staf pendidik tidak hanya memimpin, tetapi juga menjadi pelayan yang peduli, menciptakan lingkungan belajar inklusif dan mendukung. Ini memupuk kolaborasi, partisipasi aktif, dan pertumbuhan holistik bagi semua anggota sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azifiyah, Wachidah Ella06010320016@student.uinsby.ac.id06010320016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Kepala Sekolah
Tenaga Kerja
Kepemimpinan
Keywords: Implementasi; servant leadership; pengembangan sumber daya manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wachidah Ella Azifiyah
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:58
Last Modified: 14 Jun 2024 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70630

Actions (login required)

View Item View Item