Pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan Self Regulated Learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dongko Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiningrum, Aufaa Dzakiy (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan Self Regulated Learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dongko Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aufaa Dzakiy Ardiningrum_06020120028 OK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Aufaa Dzakiy Ardiningrum_06020120028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 June 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan era society 5.0, kurikulum merdeka yang menginginkan peserta didik untuk memiliki kemampuan self regulated learning, dan pemanfaatan teknologi yang belum maksimal di SMPN 1 Dongko Trenggalek, maka dikembangkanlah media pembelajaran berbasis articulate storyline. Tujuan dilakukan penelitian ini, yakni: (1) Untuk mengembangkan desain media pembelajaran berbasis articulate storyline dalam meningkatkan self regulated learning pada mata pelajaran PAI, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis articulate storyline dalam meningkatkan self regulated learning peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Dongko Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Uji coba produk pada penelitian ini dilakukan di satu kelas dengan jumlah 29 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Dongko Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar validitas untuk menilai kevalidan produk, angket respon pendidik dan peserta didik untuk menilai respon pendidik dan peserta didik dan lembar angket self regulated learning untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Desain media pembelajaran berbasis articulate storyline dibuat dengan empat halaman utama dan output berbentuk aplikasi bernama “ALi HungRi” (2) Media dinyatakan “Sangat Valid” oleh ahli materi dan media dengan prosentase rata-rata kevalidan media sebesar 82,86%. Media pembelajaran dinyatakan “Praktis” dengan prosentase respon guru terhadap media pembelajaran sebesar 100% dalam kategori “Sangat praktis” dan respon peserta didik sebesar 93,12% dalam kategori “Sangat praktis”. Media pembelajaran juga dinyatakan “Efektif” dengan hasil uji paired t test sebesar 0,000. Berdasarkan hasil data diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis articulate storyline layak diterapkan dalam meningkatkan self regulated learning peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiningrum, Aufaa Dzakiydzakiyningrum@gmail.com06020120028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.m.faizin@UINSA.ac.id2015087202
Thesis advisorSyafii, Imamimams@UINSA.ac.id2020117003
Subjects: Pendidikan > Media
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Media Pembelajaran; Articulate Storyline; Self Regulated Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aufaa Dzakiy Ardiningrum
Date Deposited: 17 Jun 2024 23:58
Last Modified: 17 Jun 2024 23:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70650

Actions (login required)

View Item View Item