Analisis mekanisme penetapan denda keterlambatan (Ta’zir) pembiayaan Mikro pada Akad Murabahah: studi kasus Bank Syariah Indonesia Kcp Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rufaidah, Ica Nur (2023) Analisis mekanisme penetapan denda keterlambatan (Ta’zir) pembiayaan Mikro pada Akad Murabahah: studi kasus Bank Syariah Indonesia Kcp Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ica Nur Rufaidah_G94218182 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ica Nur Rufaidah_G94218182 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pembiayaan merupakan bentuk pengelolaan dana yang dilakukan Bank Syariah dengan menyalurkan dana kepada nasabah yang membutuhkan dana. Nasabah penerima pembiayaan dipercaya untuk mengelola dana tersebut dan mengembalikannya sesuai jangka waktu tertentu yang telah disepakati pada saat akad pembiayaan. Pembiayaan yang ada di Bank Syariah Indonesia KCP Krian menggunakan beberapa akan yang sesuai dengan prinsip syariah. Dari berbagai macam produk-produk pembiayaan yang ada di Bank Syariah Indonesia KCP Krian salah satu jenis pembiayaan dengan akad murabahah yang paling dominan diterapkan dalam praktiknya. Di Bank Syariah Indonesia KCP Krian dalam operasionalnya proses pembiayaan tidak luput dari adanya risiko keterlambatan dalam pelaksanaan pembayaran kewajiban angsuran pembiayaan yang terjadi pada pembiayaan mikro dengan akad murabahah. Nasabah yang melakukan pembiayaan namun tidak tepat waktu dalam membayar angsuran, membuat operasional bank menjadi terhambat. Oleh karena itu perlu adanya pencegahan agar nasabah membayar angsuran sesuai jatuh tempo. Pencegahan yang dapat dilakukan salah satunya merupakan sanksi (ta’zir) berupa denda atas keterlambatan pembayaran angsuran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme penetapan denda, pengelolaan dana ta’zir, sejauh mana efektivitas mekanisme denda keterlambatan (ta’zir) pada pembiayaan mikro berbasis akad murabahah dalam mendorong kedisiplinan pembayaran angsuran bagi nasabah, dan keselarasan dengan prinsip syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah mengemukakkan fakta-fakta dari hasil penelitian yakni penerapan denda keterlambatan dalam pembiayaan akad murabahah yang ada dilapangan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme penetapan denda keterlambatan (ta’zir), pengelolaan dana ta’zir dan efektivitas pemberian denda (ta’zir) dalam mendorong kedisiplinan nasabah di BSI KCP Krian. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pentingnya menetapkan denda keterlambatan pembayaran yang proposional dan transparan, serta sesuai dengan prinsip-prinsip syariah untuk memastikan keadilan dan kemaslahatan bagi semua pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rufaidah, Ica Nuricanfaidah1407@gmail.comG94218182
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Hukum Islam > Pelunasan Utang
Murabahah
Keywords: Denda Keterlambatan (Ta’zir); kedisiplinan nasabah; akad Murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ica Nur Rufaidah
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:59
Last Modified: 19 Jun 2024 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70684

Actions (login required)

View Item View Item