Analisis kesiapan guru pada implementasi kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Armida Valmay (2024) Analisis kesiapan guru pada implementasi kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Armida Valmay Rachman_06020920016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 June 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Armida Valmay Rachman_06020920016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya fenomena yaitu sejumlah guru menghadapi masalah dalam menerapkan kurikulum merdeka pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru pada implementasi kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini nantinya akan memberikan gambaran terkait apa saja yang dilakukan dan dipersiapkan oleh guru selama proses implementasi kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar panacasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Informan dalam penelitian ini adalah guru kelompok A dan kelompok B RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo dalam mengimplementasi kurikulum merdeka dapat dilihat dari: (1) guru berusaha memaparkan dengan maksimal terkait pemahaman tentang implementasi kurikulum merdeka mulai dari pemahaman konsep, tujuan, mekanisme dan stuktur penerapan kurikulum merdeka; (2) guru mempelajari lebih lanjut terkait persiapan dan perencanaan proses pembelajaran; (3) tahap pelaksanaan pembelajaran, guru telah mengimplementasikan kurikulum merdeka sesuai dengan arahan pemerintah yakni melaksanakan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin dan pembelajaran berdiferensiasi; (4) guru melaksanakan asesmen awal, formatif dan sumatif serta mengolah penilaian tersebut untuk melihat ketercapaian pembelajaran serta dijadikan sebagai bahan evaluasi; (5) kendala yang dialami guru terjadi pada saat pertama kali menerapkan kurikulum merdeka dalam mempersiapkan sistem pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Armida Valmayarmidavalmay@gmail.com06020920016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyuni, Akhtimakhtimwahyuni@yahoo.com2020037303
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Peran Guru
Pancasila
Keywords: Kesiapan guru; kurikulum merdeka; penguatan profil; pelajar pancasila; profil pelajar rahmatan lil alamin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Armida Valmay Rachman
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:33
Last Modified: 19 Jun 2024 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70704

Actions (login required)

View Item View Item