Analisis niat penggunaan berkelanjutan pada QR-code mobile payment menggunakan Expectation-Confirmation Model (ECM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozzika, Cholifatur (2024) Analisis niat penggunaan berkelanjutan pada QR-code mobile payment menggunakan Expectation-Confirmation Model (ECM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cholifatur Rozzika_09020620026 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Cholifatur Rozzika_09020620026.pdf

Download (4MB)

Abstract

QR Code Mobile Payment (QCMP) merupakan inovasi terbaru dalam metode sistem pembayaran. Metode pembayaran ini memanfaatkan teknologi QR Code untuk memfasilitasi transaksi keuangan melalui perangkat mobile, yang memungkinkan konsumen untuk membayar tanpa menggunakan uang tunai atau kartu fisik. Penelitian ini menggunakan model Expectation-Confirmation Model (ECM) yang dikemukakan oleh (Bhattacherjee, 2001), serta diperluas dengan variabel Trust dan Perceived Security & Privacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan berkelanjutan pada QCMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan 240 responden yang pernah menggunakan transaksi QR code pada 4 e-wallet yaitu Shopepay, Gopay, Ovo, dan Dana. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS 4, dan memberikan hasil bahwa dari 12 hipotesis yang diajukan, terdapat dua hipotesis yang ditolak. Kemudian satisfaction dan trust terbukti sebagai faktor utama yang berpengaruh terhadap continuance intention. Sedangkan variabel perceived usefulness berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap continuance intention, namun variabel ini dapat memberikan pengaruh melalui variabel mediator yaitu satisfaction dan trust. Kemudian penambahan variabel perceived security & privasi juga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna, namun dapat berpengaruh melalui variabel mediator yaitu trust. Berdasarkan hasil analisis direkomendasikan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pengguna untuk dapat mencapai continuance use intention pada QCMP.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozzika, Cholifatur09020620026@student.uinsby.ac.id09020620026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Pengambilan Keputusan
Teknologi
Keywords: QR-code mobile payment; Expectation-Confirmation Model (ECM)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nn. Cholifaur Rozzika
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:14
Last Modified: 20 Jun 2024 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70708

Actions (login required)

View Item View Item