Makna Wisata Halal bagi masyarakat: studi fenomenologi di Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khalida, Nur Diana (2024) Makna Wisata Halal bagi masyarakat: studi fenomenologi di Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Diana Khalida_02040322025 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur Diana Khalida_02040322025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong merupakan desa wisata yang menjadikan budaya sebagai daya tarik utama, yaitu budaya dalam membuat keris yang mana masyarakat desa ini rata-rata memiliki pekerjaan sebagai pengrajin keris. Desa wisata ini telah menerapkan konsep halal dalam pengembangannya dan juga telah memnuhi standar kelayakan sebagai wisata halal. Adapun tujuan dari penelitian adalah; 1). Untuk menganalisis persepsi masyarakat tentang wisata halal Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong. 2) untuk memetakan makna wisata halal bagi masyarakat Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data sekunder diperoleh dari website Desa Aeng Tong Tong. Teknik analisis data berupa kodifikasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, persepsi masyarakat mengenai wisata halal berbeda. Sebagian menganggap wisata halal hanya terfokus pada wisata religi saja, tetapi sebagian lainnya beranggapan bahwa wisata halal sangat kompleks yaitu wisata dalam bentuk apapun dengan mengedepankan konsep halal dalam penerapannya serta ramah muslim dalam pelayanannya. Kedua, makna wisata halal bagi masyarakat adalah sebagai sarana pendidikan atau tranformasi keilmuan antara masyarakat dengan wisatawan bahkan masyarakat dengan masyarakat, sebagai sarana peningkatan ekonomi bagi masyarakat yang mana penjualan keris masyarakat semakin tinggi akibat kunjungan wisatawan dari berbagai daerah, dan sebagai wujud dalam memperkuat hubungan sosial antar masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khalida, Nur Diananurdianakhalida54@gmail.com02040322025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIskandar, Ritongaiskandarritongauinsa@yahoo.com2015066502
Thesis advisorLilik, Rahmawatililikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Pariwisata
Keywords: Desa wisata; Wisata halal; Wisata Keris Aeng Tong Tong
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Diana Khalida
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:14
Last Modified: 05 Aug 2024 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70728

Actions (login required)

View Item View Item