Pengaruh metode pembelajaran modeling the way pada materi shalat Idain terhadap minat belajar siswa kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Aida Qurrotu (2024) Pengaruh metode pembelajaran modeling the way pada materi shalat Idain terhadap minat belajar siswa kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aida Qurrotu Aini_06020720022.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aida Qurrotu Aini_06020720022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendanya minat belajar siswa kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo pada pembelajaran fiqih materi shalat idain. Permasalahan tersebut disebabkan karena proses pembelajaran masih didominasi dengan siswa mendengarkan guru menjelaskan materi dengan metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, pada proses pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas siwa terbilang rendah dan bersifat pasif. Selain itu, siswa kurang bersemangat dan fokus memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran modeling the way pada materi shalat idain terhadap minat belajar siswa kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Lokasi penelitian ini bertempat di MINU Waru 1 Sidoarjo menggunakan cluster random sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa. Dengan jumlah siswa pada kelas kontrol berjumlah 28 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis independent sample t-test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan minat belajar siswa setelah menggunakan metode modeling the way dibuktikan dengan analisis data diperoleh rata-rata minat belajar awal kelas kontrol sebesar 57,64, sedangkan kelas eksperimen sebesar 58,30 dan rata-rata minat belajar akhir kelas kontrol sebesar 71,25, sedangkan kelas eksperimen sebesar 81,04. Hasil uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan minat belajar antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode modeling the way dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode modeling the way, artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran modeling the way pada materi shalat idain terhadap minat belajar siswa kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo. Metode modeling the way pada materi shalat idain dapat terlaksana dengan baik dilihat dari observasi guru dengan skor 90,6 dan observasi siswa dengan skor 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh positif metode pembelajaran modeling the way pada materi shalat idain terhadap minat belajar siswa kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Aida Qurrotuaidaqurrotuaini2@gmail.com06020720022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Fikih
Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Keywords: Metode pembelajaran modeling the way; shalat Idain; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aida Qurrotu Aini
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:47
Last Modified: 20 Jun 2024 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70738

Actions (login required)

View Item View Item