Pengaruh terapi sedekah dengan teknik behavior contract untuk mengurangi perilaku konsumtif pada remaja di kabupaten mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Laily (2024) Pengaruh terapi sedekah dengan teknik behavior contract untuk mengurangi perilaku konsumtif pada remaja di kabupaten mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Laily Maulidiyah_04020320037 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Laily Maulidiyah_04020320037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi sedekah dengan teknik Behavior Contract untuk mengurangi perilaku konsumtif pada remaja di Kabupaten Mojokerto. Perilaku konsumtif merujuk pada kecenderungan seseorang untuk menggunakan, membeli, atau menghabiskan barang atau jasa secara berlebihan, tanpa mempertimbangkan kebutuhan yang sebenarnya. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi sedekah dengan teknik behavior contract berpengaruh menurunkan perilaku konsumtif seorang remaja di Kabupaten Mojokerto. Pengaruh tersebut diketahui melalui estimasi kecenderungan arah, level dan persentase overlap yaitu 0%. Hal itu berarti bahwa terapi sedekah dengan teknik behavior contract berpengaruh baik terhadap target, yaitu perilaku konsumtif seorang remaja. Pengaruh Yang terlihat pada konseli adalah kontrol diri yang membaik, yaitu lebih bisa menahan diri untuk tidak membeli sesuai keinginan, tidak membuat postingan dimedia sosial tentang gaya hidupnya, dan juga kembalinya pola hidup yang normal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Lailylailymaulidiyah27@gmail.com04020320037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah Noerfaizah.noerlaela@uinsby.ac.id2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Sedekah; Teknik Behavior Contract; Perilaku Konsumtif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Laily Maulidiyah
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:14
Last Modified: 26 Sep 2024 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70868

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item