Inovasi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramestya, Cyndi (2024) Inovasi kepala madrasah dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cyndi Pramestya_06020320023 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cyndi Pramestya_06020320023 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi Kepala Madrasah, Waka Bidang Humas, Waka Bidang Kesiswaan, Panitia PPDB dan siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles and Huberman, serta teknik triangulasi untuk memastikan validitas data penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Inovasi Kepala Madrasah di MAN 1 Trenggalek memiliki banyak program unggulan, yang paling mendominasi yaitu program kelas Kelompok Belajar Cepat (KBC), kelas Tahfidz dan layanan sistem absensi digital yaitu e-vocard. (2) daya saing merupaka keunggulan dan kemampuan yang dimiliki oleh lembaga, MAN 1 Trenggalek memiliki banyak keunggulan yang berpengaruh terhadap daya saing seperti memiliki banyak peserta didik dan guru yang berprestasi baik di bidang akademik dan non akademik. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai. mengalami peningkatan jumlah peserta didik, serta telah berakreditasi A. (3) terdapat tiga kategori inovasi kepala madrasah di MAN 1 Trenggalek yakni kategori program akseleratif, kategori program berbasis keagamaan dan kategori program berbasis teknologi. (4) faktor pendukung inovasi kepala madrasah yakni adanya solidaritas semua warga madrasah dalam menerapkan program unggulan dibarengi dengan sarana dan prasarana yang memadai. faktor penghambat inovasi kepala madrasah yaitu apabila terjadi konflik internal terkait dengan penerapan inovasi. Faktor pendukung daya saing madrasah yaitu dengan adanya keunggulan-keunggulan yang dimiliki madrasah serta dukungan dari berbagai pihak. Faktor penghambat daya saig madrasah adalah adanya perubahan lingkungan yang mengakibatkan penurunan jumlah peserta didik pada masa pandemi, serta maraknya calon peserta didik yang tertarik untuk mendaftar di Sekolah Menengah Kejuruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramestya, Cyndicyndipramestya@gmail.com06020320023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Inovasi; kepala madrasah; daya saing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cyndi Pramestya
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:01
Last Modified: 27 Jun 2024 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70887

Actions (login required)

View Item View Item