Peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan menerapkan model pembelajaran station rotation di kelas V MI An-Nur Plus Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzdalifa, Muzdalifa (2024) Peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan menerapkan model pembelajaran station rotation di kelas V MI An-Nur Plus Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muzdalifa_D97218102 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muzdalifa_D97218102 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan, kepercayaan diri, dan tidak mudahnya siswa kelas V MI An-Nur Plus Sidoarjo dalam mengingat materi SKI yang diajarkan oleh guru khususnya pada materi “upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah” dikarenakan banyaknya tokoh-tokoh yang harus dihafal oleh siswa. Hal tersebut diketahui pada tahap pra siklus berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru SKI. Penggunaan metode teacher center pada saat pembelajaran masih belum efektif bagi siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh peneliti agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa ialah dengan menerapkan model pembelajaran station rotation dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran station rotation dalam meningkatkan hasil belajar SKI materi “upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah” di kelas V MI An-Nur Plus Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar SKI materi “upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah” setelah menerapkan model pembelajaran station rotation di kelas V MI An-Nur Plus Sidoarjo. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI An-Nur Plus Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran station rotation pada mata pelajaran SKI materi “upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah” sudah diterapkan dengan baik, terbukti dari hasil perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh nilai 80 (cukup) meningkat menjadi 93,33 (sangat baik) pada siklus II. Pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I memperoleh nilai 86,67 (baik) menjadi 93,33 (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar pada mata pelajaran SKI materi “upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah” dengan menerapkan model pembelajaran station rotation mengalami peningkatan. Hal tersebut terbukti dari nilai rata rata pada siklus I yang memperoleh nilai 64,64 (kurang) meningkat menjadi 75,72 (cukup) dan juga peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yakni 45,45% (sangat kurang) meningkat menjadi 81,82% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzdalifa, Muzdalifabintuchusniyah@gmail.comD97218102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Hasil belajar; SKI; model station rotation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muzdalifa Muzdalifa
Date Deposited: 27 Jun 2024 13:56
Last Modified: 27 Jun 2024 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70892

Actions (login required)

View Item View Item