Analisis wacana kritis copycat suicides dalam pemberitaan media: studi kasus: Detikcom edisi September-Oktober 2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Atari Dian (2024) Analisis wacana kritis copycat suicides dalam pemberitaan media: studi kasus: Detikcom edisi September-Oktober 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atari Dian Pratiwi_03020420023 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Atari Dian Pratiwi_03020420023 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini fokus membahas fenomena copycat suicides yang terwacanakan dari pemberitaan media. Seperti yang diketahui bahwa media dalam menarasikan berita mengenai kematian atau bunuh diri ternyata memiliki konsekuensi psikologis. Narasi-narasi yang dibangun tersebut menggunakan bahasa yang dikontruksi dan membentuk sebuah wacana. Tujuan penelitian ini antara lain mengetahui wacana copycat suicides yang dibangun oleh media Detikcom dalam analisis Norman Fairclough serta memahami reaksi yang ditimbulkan oleh pembaca berdasarkan Stimulus, Organism and Response (S-O- R) dalam wacana pemberitaan bunuh diri oleh Detikcom edisi September- Oktober 2023.Elemen-elemen dalam penelitian yang digunakan oleh penulis antara lain yakni teori Norman Fairclough dan konsep Stimulus, Organism, and Response (S- O-R) guna menjabarkan narasi pemberitaan bunuh diri sebagai produk wacana yang dapat menimbulkan perspekif serta merangsang respons para pembaca. Konsep analisis wacana oleh Norman Fairclough diterapkan karena teori tersebut meyakini bahwa suatu bahasa dapat mengkonstruksikan pengetahuan sosial yang kemudian menimbulkan suatu tindakan sosial atau praktik sosial. Penelitian model deskriptif kualitatif dipilih dengan menyajikan data berbentuk kualitatif berdasarkan kata-kata dari berita bunuh diri dan hasil wawancara terhadap para pembaca. Sumber data ini diperoleh dari pemberitaan bunuh diri oleh media Detikcom edisi September-Oktober 2023. Data penelitian ini adalah kata atau narasi sensasional yang berasal dari headline dan isi berita bunuh diri oleh para mahasiswa. Berdasarkan penjelasan di atas, hasil dari penelitian ini yakni adanya wacana copycat suicides di balik narasi-narasi pemberitaan bunuh diri dengan menggunakan kata dan frasa berkonotasi negatif, seperti disfemisme dan mengandung dramatisasi terhadap peristiwa bunuh diri yang dapat menimbulkan stigma tertentu dan memantik para pembaca (mahasiswa) sebagai komunikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Atari Dianataridp2@gmail.com03020420023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofah, Novia Adibatusnashofah@uinsa.ac.id2025119202
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Bahasa Indonesia
Psikologi
Keywords: Analisis Wacana Kritis; Copycat Suicides; Pemberitaan Media Detikcom; Norman Fairclough
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Atari Dian
Date Deposited: 30 Jun 2024 16:27
Last Modified: 30 Jun 2024 16:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70923

Actions (login required)

View Item View Item