العاطفة للشخصية الرئيسية في مسرحية "مأساة زينب" لعلي أحمد باكثير (دراسة الأدب النفسي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Salsabila Farkhiatul (2024) العاطفة للشخصية الرئيسية في مسرحية "مأساة زينب" لعلي أحمد باكثير (دراسة الأدب النفسي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Farkhiatul Muttaqin_03010120022 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Salsabila Farkhiatul Muttaqin_03010120022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan emosi tokoh utama dalam drama Tragedi Zainab karya Ali Ahmad Bakathir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam drama ini yaitu teks drama Tragedi Zainab. Adapun data dalam penelitian ini ialah kata-kata, frasa, dan kalimat dalam drama Tragedi Zainab karya Ali Ahmad Bakathir yang memuat klasifikasi emosi tokoh utama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan psikologi sastra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori klasifikasi emosi David Krech. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan empat klasifikasi emosi dari tujuh klasifikasi emosi David Krech. Emosi yang ditemukan dalam drama ini yaitu, berupa: konsep rasa bersalah, kesedihan, kebencian, dan cinta. Emosi rasa bersalah berupa rasa bersalah dan penyesalan karena telah melakukan kesalah. Emosi kesedihan diantaranya meliputi kehilangan anak yang disayangi. Emosi kebencian diantaranya meliputi benci kepada seseorang. Dan emosi cinta diantaranya meliputi cinta kepada lawan jenis. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa dari empat emosi yang ditemukan, emosi kebencian merupakan emosi yang kerap muncul dalam diri tokoh utama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Salsabila Farkhiatulslsbilaff8121@gmail.com03010120022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Agama > Biografi Tokoh
Psikologi
Keywords: Emosi; Tokoh Utama; Ma’saatu Zainab.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Salsabila Farkhiatul Muttaqin
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:59
Last Modified: 28 Jun 2024 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70944

Actions (login required)

View Item View Item