Efektivitas multimedia pembelajaran gambar dan animasi dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VI di SDN Bakalan Kecamatan Gondang Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kubro, Mohamad Fahiqomadzin (2024) Efektivitas multimedia pembelajaran gambar dan animasi dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VI di SDN Bakalan Kecamatan Gondang Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Fahiqomadzin Kubro_06010120011 OK.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Mohamad Fahiqomadzin Kubro_06010120011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah multimedia pembelajaran gambar dan animasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VI Di SDN Bakalan Kecamatan Gondang Mojokerto. Dalam menjawab permasalahan tersebut maka peneliti menyiapkan sampel sebanyak 40 peserta didik kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental dengan jenis one group pretest and posttest design. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial. Berdasarkan nilai pretest yang diberikan, didapati rata-rata nilai dari hasil belajar pretest peserta didik kelas VI SDN Bakalan Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto adalah 62,15 serta tingkat ketuntasan masih belum maksimal pada saat sebelum menerapkan media pembelajaran gambar dan animasi dengan persentase ketuntasan peserta didik 37,5% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 62,5%. Sedangkan berdasarkan nilai posttest yang diberikan, didapati rata-rata nilai dari hasil belajar posttest peserta didik kelas VI SDN Bakalan Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto adalah 78,55 serta tingkat ketuntasan telah maksimal dibanding dengan nilai saat sebelum menerapkan media pembelajaran gambar dan animasi dengan persentase ketuntasan peserta didik 82,5% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 17,5%. Hasil analisis data deskriptif didapati bahwa. Sedangkan hasil analisis data deskriptif didapati bahwa t hitung>t tabel = 6,45 > 1,95 , maka H0 ditolak dan Hk diterima. Berarti Penggunaan media pembelajaran gambar dan animasi bisa merubah hasil belajar peserta didik pada kelas VI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kubro, Mohamad Fahiqomadzinadzinkubro@gmail.com06010120011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
UNSPECIFIEDNiam, Khoirun--2025077001
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Teknologi > Teknologi Informasi
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Efektivitas Media Pembelajaran; Media gambar dan Animasi; Hasil Belajar PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Fahiqomadzin Kubro Kubro
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:44
Last Modified: 23 Sep 2024 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70964

Actions (login required)

View Item View Item