Pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap prestasi akademik mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan kemampuan pemahaman materi sebagai variabel mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyada, Amrina (2024) Pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap prestasi akademik mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan kemampuan pemahaman materi sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amrina Rosyada_09020620020 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Amrina Rosyada_09020620020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memicu berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Salah satu contohnya adalah ChatGPT dari openai.com. ChatGPT ini memiliki potensi untuk meningkatkan pembelajaran, namun juga dapat menimbulkan plagiarisme dan erosi akuntabilitas mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh juga faktor dari ChatGPT pada peningkatkan prestasi akademik dengan pemahaman materi yang diperoleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan instrumen penyebaran kuisioner pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang diambil jumlah sampelnya menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan tools SmartPLS 3.0. Penelitian ini menggunakan integrasi antara TAM dan EUCS untuk membantu mengukur pengaruh dari adopsi teknologi dan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan ChatGPT memiliki pengaruh dalam peningkatan prestasi akademik mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Tingkat adopsi dan penggunaan ChatGPT ditentukan sebagian oleh variabel seperti Attitude, behavioral intention to use, perceived usefulness, dan perceived ease of use. Sedangkan pengembang ChatGPT harus berkonsentrasi pada pembuatan elemen-elemen indikator seperti accuracy, format, dan content yang dapat meningkatkan sikap pengguna dan utilitas yang dirasakan serta kemudahan penggunaan. Selain itu, pengajar dan lembaga pendidikan harus mendorong mahasiswa untuk menggunakan ChatGPT secara efektif dengan menyoroti keunggulannya untuk pembelajaran yang diperlukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyada, Amrinarosyadaaa1@gmail.com09020620020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlham, Ilhamilham@uinsby.ac.id0708118003
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Teknologi
Keywords: Metode kuantitatif; TAM; EUCS; ChatGPT; prestasi akademik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ms. Amrina Rosyada
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:49
Last Modified: 02 Jul 2024 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71021

Actions (login required)

View Item View Item