Perancangan wisata waduk "Bengawan Mati" dengan pendekatan waterfront architecture di Desa Sugihwaras Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zani, Auliyah Mutiara (2024) Perancangan wisata waduk "Bengawan Mati" dengan pendekatan waterfront architecture di Desa Sugihwaras Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliyah Mutiara Zani_09010320005.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Auliyah Mutiara Zani_09010320005_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Desa wisata merupakan suatu wilayah pedesaan yang memiliki keunikan dan daya tarik yang khas (baik berupa daya tarik/keunikan fisik lingkungan alam pedesaan maupun kehidupan sosial budaya kemasyarakatan), yang dikelola dan dikemas secara alami serta menarik dengan pengembangan fasilitas pendukung. Pemerintah Desa Suihwaras merencanakan pembangunan wisata desa yang berada di area waduk dengan luas 3,3 hektar dari total luasan waduk 7 hektar. Perancangan bertujuan untuk membuat kawasan wisata yang nyaman dan aman, memanfaatkan kawasan perairan dengan maksimal, menjaga dan menambahkan estetika pada wisara, serta memberikan kesempatan usaha pada masyarakat sekitar. Untuk dapat mewujudukan wisata tersebut, maka dalam perancangan ini menggunakan pendekatan desain Waterfront Architecture atau arsitektur tepi air. Wisata ini bernama bengawan mati yang di ambil dari kebiasaan warga setempat menyebut waduk ini karena bersebelahan langsung dengan bengawan solo namun airnya tidak mengalir. Wisata akan dikembangkan menjadi wisata edukasi dan rekreasi, yaitu edukasi perikanan dan pertanian serta wahana permainan di atas air.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zani, Auliyah Mutiaraauliyahmutiarazani14@gmail.com09010320005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Arsitektur
Potensi
Keywords: Desa wisata; waterfront architecture; Bengawan Mati
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Auliyah Mutiara Zani
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:14
Last Modified: 01 Jul 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71024

Actions (login required)

View Item View Item