Relevansi Sufi Healing dengan Konsep Flourishing terhadap perilaku Bunuh Diri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijanarko, Aisyah Aprilya (2024) Relevansi Sufi Healing dengan Konsep Flourishing terhadap perilaku Bunuh Diri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Aprilya Wijanarko_07020620019 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aisyah Aprilya Wijanarko_07020620019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Angka kematian akibat bunuh diri secara global meningkat. Tingginya angka bunuh diri embutuhkan penyempurnaan intervensi yang mengintegrasikan aspek spiritualitas dan kesejahteraan psikologis, alam penelitian ini yaitu konsep sufi healing dan flourishing. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup dua poin utama, 1) bagaimana perilaku bunuh diri dalam konsep flourishing psikologi positif dan sufi healing ? serta 2) bagaimana relevansi elemen-elemen flourishing dengan sufi healing dalam konteks mencegah perilaku bunuh diri? Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi konsep flourishing dalam psikologi positif dan sufi healing dalam konteks pencegahan perilaku bunuh diri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis literatur yang mendalam. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi tema-tema utama yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) elemen-elemen flourishing seperti makna hidup, optimisme, dan keterhubungan sosial memiliki peran signifikan dalam mencegah perilaku bunuh diri. Selain itu, 2) praktik sufi healing yang terintegrasi dengan elemen-elemen flourishing dapat memperkuat faktor�faktor psikologis dan sosial sebagai pelindung terhadap bunuh diri. Penelitian ini memberikan kontribusi penting baik secara teoritis maupun praktis dalam bidang kesehatan mental, khususnya dalam pengembangan intervensi yang berbasis spiritualitas dan psikologi positif untuk pencegahan bunuh diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijanarko, Aisyah Aprilyaaisyahaprilya123@gmail.com07020620019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Doa dan Zikir
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Psikologi > Psikologi Islam
Tasawuf
Keywords: flourishing; sufi healing; perilaku bunuh diri; psikoterapi positif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: RELEVANSI Aisyah Wijanarko
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:00
Last Modified: 04 Jul 2024 01:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71040

Actions (login required)

View Item View Item