Manajemen pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswadi SMA Sunan Giri Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almatin, Irsyadatun Ni'mah (2024) Manajemen pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswadi SMA Sunan Giri Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irsyadatun Ni'mah Almatin_D03217022.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Irsyadatun Ni'mah Almatin_D03217022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Irsyadatun Ni’mah Almatin (D03217022), Manajemen Pendidikan Vokasional dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik. Dosen Pembimbing I Muhammad Nuril Huda, M.Pd, dan Dosen Pembimbing II Dr. Arif Mansyuri, M.Pd Perkembangan teknologi industri yang cepat telah mempengaruhi adanya tuntutan baru terhadap upaya peningkatan kompetensi sumberdaya manusia pendukungnya. Sebagai konsekuensinya lembaga pendidikan harus selalu menyesuaikan diri dan terus melakukan inovasi untuk memenuhi tututan perubahan perkembangan teknologi tersebut salah satunya dengan menerapkan pendidikan vokasi di SMA. Tujuan manajemen pendidikan vokasional di SMA adalah untuk meningkatkan life skill siswa melalui pembekalan keterampilan kejuruan bagi para siswa khususnya bagi siswa yang berpotensi tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Fokus utama penelitian ini yakni: (1)Bagaimana perencanaan pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik, (2) Bagaimana pengorganisasian pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik, (3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik, (4) Bagaimana pengawasan pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai manajemen pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dilakukan dengan perumusan dan penetapan tujuan pelaksanaan pendidikan vokasional yang diawali dengan melakukan identifikasi kebutuhan peserta didik, persiapan strategi pelaksanaan pendidikan vokasional dan persiapan sumber daya manusia berkompeten serta sarana prasarana yang memadai, (2) Pengorganisasian pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dilakukan dengan membentuk struktur organisasi dan melakukan pembagian tugas, (3) Pelaksanaan pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik terlaksana melalui aktivitas pemberian motivasi dan pemberian bimbingan., (4) Pengawasan pendidikan vokasional dalam meningkatkan life skill siswa di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dilakukan secara makro dan mikro. Kata kunci: Manajemen Pendidikan, Vokasional, Kecakapan Hidup

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almatin, Irsyadatun Ni'mahirsyadalmatin29@gmail.comD03217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen pendidikan; vokasional; kecakapan hidup
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: irsyadatun ni'mah almatin
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:54
Last Modified: 02 Jul 2024 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71060

Actions (login required)

View Item View Item