Pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan efektivitas sekolah perempuan sekecamatan Wringinanom

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herawati, Syahriyah Pandu (2024) Pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan efektivitas sekolah perempuan sekecamatan Wringinanom. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahriyah Pandu Herawati_D93217078.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Syahriyah Pandu Herawati_D93217078_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Efektivitas Sekolah Perempuan Sekecamatan Wringinanom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1) Pengembangan sumber daya manusia merupakan suatu usaha guna menambah wawasan serta memberi pengetahuan pada diri staff, leader serta fasilitator agar dapat menjalankan tugas yang telah diamanahkan dengan baik. Adapun beberapa pengembangan sumber daya manusia dilakukan dengan metode seminar, workshop, training, daring maupun pelatihan oleh staff dan leader desa dengan menerapkan beberapa metode yakni melalui penampilan slide maupun video, pemecahan masalah, FGD, dan metode jaring laba-laba. Pelatihan untuk leader dilakukan 2 kali pada akhir tahun oleh tim pemantau kabupaten (Dinas KBPPA Gresik). Adapun untuk mengisi kekosongan jabatan sekolah Perempuan ini melakukan rotasi jabatan guna memenuhi kebutuhan jobdesk yang dibutuhkan. 2) ukuran efektivitas sekolah perempuan terbagi dalam 3 indikator yakni pertama pencapaian tujuan, pencapaian tujuan dalam hal ini ialah melihat tujuan utama sekolah perempuan yakni mengembangkan kepemimpinan perempuan agar memiliki kesadaran kritis, kepedulian, solidaritas, kecakapan hidup dan berkomitmen untuk melakukan perubahan sosial. Dari tujuan tersebut muncullah beberapa kegiatan guna merealisasikan tujuan utama sekolah perempuan dan kegiatan tersebut menghasilkan munculnya tingkat kesadaran diri pada diri anggota, mampu menerapkan pelajaran dari kehidupan sehari-hari contoh kecil terhadap suami dapat bernegosiasi, mampu merawat diri, mampu menyuarakan pendapat dalam forum, keikutsertaan dalam acara penting seperti MUSRENBANG desa hingga kabupaten, mampu peduli dengan sekitar sehingga dapat melayani serta memantau adanya pelayanan JKN-PBI. 3) pengembangan sumber daya manusia dapat meningkatkan kualitas pegawai / staff guna mencapai tujuan organisasi dengan cepat dan tepat. Kegiatan pengembangan sumber daya manusia memiliki banyak manfaat yang dirasakan pada pegawai, karena dengan adanya pengembangan sumber daya ini dapat meminimalisir hambatan yang terjadi dalam program sehingga terciptanya program secara efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herawati, Syahriyah Pandusyahriyahpandu1122@gmail.comD93217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsulmaarif@uinsbya.ac.id2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Sumber Daya Manusia
Keywords: Sumber daya manusia; efektifitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syahriyah Pandu Herawati
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:36
Last Modified: 02 Jul 2024 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71067

Actions (login required)

View Item View Item