Implementasi model project based learning dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 2 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Anita (2024) Implementasi model project based learning dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Maghfiroh_06020120027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Anita Maghfiroh_06020120027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diharapkan dapat menjadi penunjang agar peserta didik dapat aktif dan kreartif, sesuai dengan harapan dilaksanakannya kurikulum merdeka di sekolah. Tujuan implementasi model project based learning agar dapat menanamkan rasa senang dan nyaman pada peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran tidak terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana implementasi model project based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 2 Gresik, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi model project based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 2 Gresik, (3) bagaimana peran guru dalam mengimplementasikan model project based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Wakil Kepala Bidang Kurikulum, guru PAI, dan peserta didik. Sedangkan analisis data dilakukan melalui kodensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa, (1) Implementasi model project based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 2 Gresik sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentaukan. (2) Faktor pendukung dalam implementasi model project based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum merdeka diantaranya terdapat faktor sarana dan prasarana yang sudah disediakan dengan cukup memadai, kemudian faktor guru yang begitu semangat untuk menerapkan model project based learning, serta faktor peserta didik yang antusias untuk mengikuti pembelajaran dan dukungan yang selalu ada dari wali murid. Adapun faktor yang menjadi penghambat ialah faktor peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda, membutuhkan waktu yang lebih lama, serta minimnya guru untuk dapat berkreatif dan inovatif. (3) Peran guru dalam mengimplementasikan model project based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup optimal dengan berperan aktif dalam proses pembelajaran bersama peserta didik serta membuat modul ajar sebelum kegiatan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Anitaanitamaghfiroh01@gmail.com06020120027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Based learning; pembelajaran; pendidikan Agama Islam; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anita Maghfiroh
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:48
Last Modified: 02 Jul 2024 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71131

Actions (login required)

View Item View Item