Pengembangan media pembelajaran ular tangga melalui platform genially untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9 di MTs N 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Lailatul (2024) Pengembangan media pembelajaran ular tangga melalui platform genially untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 9 di MTs N 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Ilmiyah_06020120035 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (10MB)
[img] Text
Lailatul Ilmiyah_06020120035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangkan media ular tangga melalui platorm genially pada mata pelajaran SKI bab Tokoh Penyebaran Islam di Indonesia kelas 9 di MTs N 3 Sidoarjo, 2) mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI bab Tokoh Penyebaran Islam di Indonesia kelas 9 di MTs N 3 Sidoarjo, 3) mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran ular tangga melalui platform genially untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI bab Tokoh Penyebaran Islam di Indonesia kelas 9 di MTs N 3 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan media ular tangga melalui platform genially dilakukan melalui lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengembangan media tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas 9 pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri 3 Sidoarjo. 2) Minat belajar peserta didik pada uji coba pertama kelas eksperimen mencapai 88,11% berkategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol mencapai 81,50% berkategori sangat baik. Pada uji coba kedua kelas ekperimen mencapai 90,05% berkategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol mencapai 81,29% berkategori sangat baik. Jadi, persentase minat belajar di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. 3) Efektivitas pengembangan media ular tangga melalui platform genially untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas 9 di MTs Negeri 3 Sidoarjo dapat dilihat dari hasil analisis uji-t sampel tidak berpasangan melalui aplikasi SPSS versi 23 dengan hasil taraf signifikansi 0,05 didapatkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Sehingga, Ha diterima dan H0 ditolak, artinya pengembangan media ular tangga melalui platform genially efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas 9 di MTs Negeri 3 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Lailatullailatulilmiyah1@gmail.com06020120035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Media Pembelajaran; permainan ular tangga; platform genially; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Ilmiyah
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:07
Last Modified: 03 Jul 2024 05:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71139

Actions (login required)

View Item View Item