Implementasi metode drill bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Diana Nur (2024) Implementasi metode drill bagi anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Nur Aisyah_06040120074 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Diana Nur Aisyah_06040120074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di smkn 2 buduran memiliki kesamaan dengan pembelajaran peserta didik lain, namun terdapat tambahan pembelajaran di ruang sumber dengan lebih banyak menerapkan metode drill, terutama pada mata pelajaran pai. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui penerapan metode drill dalam mata pelajaran pai bagi anak berkebutuhan khusus di smkn 2 buduran, (2) untuk mengetahui hambatan penerapan metode drill dalam mata pelajaran pai bagi anak berkebutuhan khusus di smkn 2 buduran, dan (3) untuk mengetahui kemampuan pedagogis metodologis guru pai dalam menerapkan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di smkn 2 buduran. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan informasi melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam proses menganalisis informasi dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kemudian, untuk mengecek keabsahan informasi menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode drill sudah dilakukan dengan baik dalam menguatkan pemahaman dan daya ingat peserta didik berkebutuhan khusus mengenai materi yang diajarkan, terutama mata pelajaran pai. (2) dalam penerapan metode drill pada mata pelajaran pai di ruang sumber maupun saat proses pembelajaran pai di dalam kelas memang terdapat beberapa hambatan atau problem yang berasal dari diri peserta didik berkebutuhan khusus, namun guru bk inklusi maupun guru pai sudah mampu mengatasi hambatan tersebut. (3) kemampuan pedagogis metodologis guru pai sudah sangat baik dalam menerapkan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus, karena selama ini tidak terdapat permasalahan yang tidak bisa diselesaikan dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus. Semua guru termasuk guru pai selama ini bekerjasama dengan guru bk inklusi mengenai peserta didik berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Diana Nurd.n.aisyah520@gmail.com06040120074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Metode drill; anak berkebutuhan khusus; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diana Aisyah
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:53
Last Modified: 03 Jul 2024 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71141

Actions (login required)

View Item View Item