Pengaruh buzzer politik melalui media sosial instagram terhadap elektabilitas capres – cawapres pada pemilu 2024 : studi pada pemilih pemula di SMA 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Artha, Yudha Wing (2024) Pengaruh buzzer politik melalui media sosial instagram terhadap elektabilitas capres – cawapres pada pemilu 2024 : studi pada pemilih pemula di SMA 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yudha Wing Artha_07020420017 OK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Yudha Wing Artha_07020420017 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya buzzer politik menjelang pemilu presiden dan wakil presiden pada tahun 2024. Dalam melancarkan aksinya seperti melakukan propaganda yang bersifat manipulatif buzzer politik menggunakan platform media sosial yang pada sebelumnya hanya eksis di twitter hanya sekedar mempromosikan produk, kini mulai memasuki ranah politik. Akan tetapi buzzer politik kebanyakan hanya mendapatkan stigma negatif karena berita – berita yang diinformasikan bersifat hoax. Padahal di sisi yang lain jarang diamati bahwasanya buzzer politik juga mempunyai peranan yang bersifat positif. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa buzzer politik menggunakan media sosial instagram untuk membentuk opini publik mengenai paslon capres dan cawapres pada pemilu 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh buzzer politik melalui media sosial instagram terhadap elektabilitas capres – cawapres pada pemilu 2024 pada pemilih pemula di SMA 1 Purwosari Pasuruan. Penelitian ini menggunakan teori buzzer politik dan teori elektabilitas. Menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan sampel berjumlah 81 responden dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif persentase dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya postingan positif dan negatif buzzer politik di media instagram dapat berpengaruh pada elektabilitas capres dan cawapres di pemilu 2024. Terdapat 38 siswa yang setuju bahkan 5 siswa lainnya sangat setuju memilih capres cawapres akibat postingan positif buzzer politik di instagram, 27 siswa tidak setuju serta 11 siswa lainnya sangat tidak setuju. Kemudian 43 siswa setuju bahkan 3 siswa sangat setuju untuk memilih capres dan cawapres pada pemilu 2024 berdasarkan dukungan buzzer politik di media sosial instagram dan 35 siswa lainnya menjawab tidak setuju. Kemudian dari uji f diperoleh nilai R- Square 0.069 yang berarti pangaruh buzzer politik melalui media sosial instagram terhadap elektabilitas capres dan cawapres pada pemilu 2024 sebesar 6,9%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Artha, Yudha Wingyudhawingartha@gmail.com07020420017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahholilah@uinsby.ac.id2018107602
Subjects: Politik > Politik Islam
Keywords: Buzzer Politik; Elektabilitas; Pemilih Pemula; Capres – Cawapres
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Yudha Wing Artha
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:20
Last Modified: 04 Jul 2024 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71164

Actions (login required)

View Item View Item