Efektivitas terapi murottal al Qur’an dan musik terhadap kadar gula darah dan berat badan dalam penanganan stres mencit (Mus Musculus)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalina, Nuri (2024) Efektivitas terapi murottal al Qur’an dan musik terhadap kadar gula darah dan berat badan dalam penanganan stres mencit (Mus Musculus). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuri Amalina_09020120039.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nuri Amalina_09020120039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Stres merupakan respon tubuh terhadap suatu ancaman untuk menjaga keseimbangan tubuh. Pada kondisi stres tubuh memberi sinyal pada hipotalamus untuk mengeluarkan hormon kortisol sehingga peningkatan hormon kortisol akan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, stres akan meningkatan hormon kortikosteron yang mengubah lemah menjadi energi sehingga terjadi penurunan berat badan. Dilakukan penanganan stres agar tidak berlanjut pada penyakit yang lebih serius. Salah satu penanganan stres adalah terapi nonfarmakologi seperti terapi murottal Al-Qur'an dan musik. Terapi murottal Al-Qur'an dan musik dapat menurunkan stres dengan menimbulkan perasaan rileks, sehingga tubuh dapat menyeimbangkan hormon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi menggunakan Al-Qur'an dan musik terhadap kadar gula darah dan berat badan dalam penanganan stres mencit (Mus musculus). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Mencit diberi perlakuan selama 15 hari dengan pembagian kelompok, Po (pemberian stresor bising 12 jam), P1 (pemberian stresor bising 12 jam kemudian terapi murottal Al-Qur'an), dan P2 (pemberian stresor bising 12 jam kemudian musik klasik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok pemberian stresor 12 jam (Po) memiliki rata-rata kadar gula darah tertinggi (126,9 mg/dL) dibandingkan dengan kelompok lain. Pada kelompok Po juga mengalami penurunan berat badan, sedangkan pada kelompok P1 dan P2 mengalami kenaikan berat badan. Berdasarkan uji statistik, terapi murottal Al-Qur'an lebih efektif dalam penanganan stres dibandingkan dengan musik pada parameter berat badan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalina, Nuriamalina57nuri@gmail.com09020120039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim@uinsa.ac.id2021128601
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Subjects: Biologi
Depresi
Doa dan Zikir
Keywords: Berat badan; kadar gula darah; kebisingan; stres; terapi non farmakologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nuri Amalina
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:02
Last Modified: 05 Jul 2024 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71254

Actions (login required)

View Item View Item