فعالية تطبيق SCRATCH المبنية على القصص المتحركة والألعاب لترقية مهارتي القراءة والكتابة للصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farihatun, Farihatun (2024) فعالية تطبيق SCRATCH المبنية على القصص المتحركة والألعاب لترقية مهارتي القراءة والكتابة للصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farihatun_06040220075 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Farihatun_06040220075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan aplikasi scratch berbasis cerita animasi dan permainan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas VII MtsN 1 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) keterampilan membaca dan menulis siswa kelas VII MtsN 1 Surabaya. 2) penerapan aplikasi scratch berbasis cerita animasi dan permainan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas VII MtsN 1 Surabaya. 3) efektivitas penerapan aplikasi scratch berbasis cerita animasi dan permainan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas VII MtsN 1 Surabaya. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa dari kelas VII-D. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan aplikasi scratch berbasis cerita animasi dan permainan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Hal ini berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon yang menyatakan bahwa nilai (Asymp.sig 2 tailed) adalah 0,000 baik dari hasil keterampilan membaca dan menulis. Karena nilai (Asymp.sig 2 tailed) 0,000 < 0,5 maka kesimpulannya yaitu hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farihatun, Farihatunfarihatun5500@gmail.com06040220075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsyafi'i, syafi'isyafii2121@Gmail.com2018107002
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Bahasa Arab
Menulis
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Qira'ah
Keywords: Aplikasi Scratch Berbasis Cerita Animasi Dan Permainan; Keterampilan Membaca; Keterampilan Menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Farihatun Farihatun
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:45
Last Modified: 15 Jul 2024 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71311

Actions (login required)

View Item View Item