Pengaruh Media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PKN di Kelas IV MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Nuris Sami'ul Choirul (2024) Pengaruh Media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran PKN di Kelas IV MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuris Sami'ul Choirul Ula_06040720087 OK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Nuris Sami'ul Choirul Ula_06040720087 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran PKn diajarkan kepada peserta didik untuk menjadikan pribadi yang mandiri dan berpikiran terbuka sejalan dengan Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan observasi awal peneliti di kelas IV MIN 2 Sidoarjo menunjukkan bahwa peserta didik kurang semangat dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran PKn, hal ini dapat dilihat pada saat observasi peserta didik terlihat jenuh dan bosan sehingga banyak yang mengobrol dengan temannya. Berdasarkan hal tersebut, guru mencoba menerapakan media Crossword Puzzle dalam pembelajaran PKn dan peneliti terdorong untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di kelas IV MIN 2 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn di kelas IV MIN 2 Sidoarjo. penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan media Crossword Puzzle yang merupakan variabel bebas, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di kelas IV MIN 2 Sidoarjo. Instrumen yang diterapkan pada proses pengumpulan data mencakup observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penggunaan uji Independent Sample t-Test. Selain itu, uji normalitas dan homogenitas juga diterapkan untuk memastikan kualitas data yang digunakan dalam analisis penelitian. Menurut hasil uji hipotesis yang menggunakan Uji-t (t-Test), menyatakan nilai thitung sebesar 5,927 > ttabel sebesar 2,007 dan nilai signifikasinya 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, menandakan bahwa penggunaan media Crossword Puzzle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn. Hal ini juga diperkuat oleh peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 11% sesudah diberikan perlakuan menggunakan media Crossword Puzzle, persentase hasil belajar peserta didik meningkat dari 74% sebelum perlakuan menjadi 85% sesudah perlakuan diberikan. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah soal pretest dan posttest sebaiknya dibedakan dalam penggunaan bahasa atau kalimat dan lebih baik menggunakan kalimat yang sejenis atau mempunyai makna yang sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Nuris Sami'ul Choirulnurissamiul11@gmail.com06040720087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Kewarganegaraan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pancasila
Keywords: Media Crossword Puzzle; Hasil Belajar PKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuris Sami'ul Choirul Ula
Date Deposited: 06 Jul 2024 03:39
Last Modified: 06 Jul 2024 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71318

Actions (login required)

View Item View Item