Relevansi program sekolah ramah anak dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 2 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nurul (2024) Relevansi program sekolah ramah anak dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Afifah_06010120018 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Afifah_06010120018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas lebih dalam mengenai Relevansi Program Sekolah Ramah Anaka dengan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 2 Gresik. Fokus utama penelitian ini adalah program sekolah ramah anak, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, dan relevansi antara program sekolah ramah anak dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) untuk menjelaskan Program Sekolah Ramah Anak di UPT SMPN 2 Gresik, 2) untuk memaparkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 2 Gresik, 3) untuk memahami Relevansi Program Sekolah Ramah Anak Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 2 Gresik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data, digunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hal tersebut sangat diperlukan agar dapat mengetahui seluruh keseluruhan mengenai informasi terkait relevansi Program Sekolah Ramah Anak dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam supaya data tersebut menjadi lebih kuat. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) Program Sekolah Ramah Anak di UPT SMPN 2 Gresik mendapat dampak posistif baik dari peserta didik itu sendiri maupun dari beberapa pihak lainnya seperti pihak kepala sekolah, staf pendidik, peserta didik dan wali murid. (2) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 2 Gresik dikatakan sangat baik yang mana terdapat beberapa kegiatan yang dapat menunjang anak meskipun terbilang sekolah negeri akan tetapi tidak menghilangkan keagamaannya. (3) Relevansi program sekolah ramah anak dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam ini ternyata memiliki hubungan atau keterkaitan antara yang satu dengan yang lain. Seperti didalam program sekolah ramah anak tidak diperbolehkannya adanya bulliying begitu juga didalam Al-Qur’an terdapat surat yang tidak diperbolehkannya adanya bulliying maka hal tersebut sangat jelas bahwa antara program sekolah ramah anak dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam sama-sama memiliki hubungan atau keterkaitan. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa Program Sekolah Ramah anak dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 2 Gresik memiliki hubungan atau relevansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nurul06010120018@student.uinsby.ac.id06010120018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Program Sekolah Ramah Anak; Nilai PAI; Relevansi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Jul 2024 06:44
Last Modified: 07 Jul 2024 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71326

Actions (login required)

View Item View Item