Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbasis aplikasi Live Worksheet untuk melatih kepercayaan diri siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Nawal Syarif (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbasis aplikasi Live Worksheet untuk melatih kepercayaan diri siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nawal Syarif Hidayatullah_D04217020.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Nawal Syarif Hidayatullah_D04217020_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran tipe NHT (Numbered Head Together) dengan bantuan aplikasi lembar kerja online agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD). RPP dibuat berdasarkan model pembelajaran tipe NHT, sementara E-LKPD dikembangkan melalui aplikasi Live Worksheet . Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam proses pengembangan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa kelas VII-C di SMPN 4 Semanding. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik catat lapangan, validasi, dan tes. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis menggunakan analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mencakup: (1) Dalam tahap analisis, data tentang tingkat pencapaian hasil belajar siswa yang rendah, hambatan dalam kegiatan pembelajaran, kurikulum 2013, dan materi pembelajaran yang digunakan di SMPN 4 Semanding diperoleh. Pada tahap perancangan, peneliti merancang perangkat pembelajaran secara konseptual. Selama tahap pengembangan, peneliti membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran, kemudian memvalidasi dan memperbaiki berdasarkan masukan dari para validator. Pada tahap penerapan, peneliti menerapkan perangkat pembelajaran kepada siswa kelas VII-C di SMPN 4 Semanding. Pada tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa efektif perangkat pembelajaran tersebut. (2) Perangkat pembelajaran dianggap "valid" dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 87,63, E-LKPD sebesar 87,50, serta lembar pretest dan posttest sebesar 85,83 yang termasuk dalam kriteria "sangat valid". (3) Perangkat pembelajaran dianggap "praktis" dengan kriteria "A" dan rata-rata total nilai kepraktisan sebesar 86,98 yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut dapat digunakan tanpa revisi. (4) Perangkat pembelajaran terbukti "efektif" dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Nawal Syarifnawalsyarif32@gmail.comD04217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Motivasi Belajar
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; matematika; model kooperatif NHT (Numbered Head Together)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nawal Syarif Hidayatullah
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:27
Last Modified: 09 Jul 2024 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71384

Actions (login required)

View Item View Item