Uji toksisitas akut limbah cair home industry tahu di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang dengan metode brine shrimp lethality test (BSLT)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafa'ah, Husnul Lailatus (2021) Uji toksisitas akut limbah cair home industry tahu di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang dengan metode brine shrimp lethality test (BSLT). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Lailatus Syafa'ah_09040520064.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Husnul Lailatus Syafa'ah_09040520064_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan industri semakin meningkat, salah satunya adalah industri tahu. Industri tahu banyak ditemukan di kota-kota di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jombang dengan home industry tahu terbanyak terdapat di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto. Kegiatan produksi tahu ini menghasilkan limbah cair tahu yang dialirkan langsung ke sungai. Limbah cair yang tidak diolah tersebut dapat mencemari kualitas air dan mempengaruhi perkembangan biota air. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kualitas limbah cair tahu dan mengetahui klasifikasi Toxicity Unit acut (TUa) limbah cair home industry tahu Desa Sumbermulyo berdasarkan nilai LC50 menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) dengan biota uji Artemia salina. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas berupa konsentrasi limbah cair tahu terhadap Artemia salina dan variabel terikat yaitu persentase kematian Artemia salina setelah pemberian konsentrasi limbah cair tahu. Jumlah sampel limbah cair tahu yang diteliti sebanyak 16 home industry tahu. Didapatkan hasil penelitian untuk kualitas limbah cair tahu dengan parameter BOD, COD, TSS dan pH tidak memenuhi baku mutu berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 5 Tahun 2014 Tentang Baku Mutu Air Pengolahan Kedelai (Tahu). Untuk pengujian toksisitas LC50 menggunakan perhitungan dengan metode regresi probit, didapatkan untuk nilai LC50 pada 16 limbah cair home industry tahu Desa Sumbermulyo tahu terhadap Artemia salina menghasilkan nilai LC50 < 1000 dengan nilai LC50 terendah sebesar 0,223% dan tertinggi sebesar 1,401%. Berdasarkan hasil perhitungan nilai LC50 didapatkan sampel limbah cair home industry tahu yang ada di Desa Sumbermulyo, memiliki nilai TUa yang termasuk ke dalam kategori IV ((high acute toxicity (HT)) dengan kisaran nilai 10 < TUa > 100 dan kategori V ((very high acute toxicity (VT)) dengan kisaran nilai TUa > 100

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafa'ah, Husnul Lailatushusnullailatus@gmail.com09040520064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsa.ac.id0824048601
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsa.ac.id2022108201
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Artemia salina; LC50; limbah cair tahu; TUa; uji toksisitas akut
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Husnul Lailatus Syafa'ah
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:03
Last Modified: 10 Jul 2024 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71461

Actions (login required)

View Item View Item