Tren penggunaan jilbab Turban di kalangan muslimah generasi Z Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larasati, Sekar Ayu (2024) Tren penggunaan jilbab Turban di kalangan muslimah generasi Z Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sekar Ayu Larasati_07040220074 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Sekar Ayu Larasati_07040220074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Melihat perkembangan jilbab yang dari masa ke masa tidak ada habisnya, membuat perempuan muslimah juga mengalami perkembangan dalam memaknai dan pemakainnya. Di mana dulunya jilbab dimaknai sebagai kain yang wajib digunakan oleh perempuan muslim untuk menutupi aurat, sedangkan saat ini di makanai debagai tren fasyen untuk tempil trendy di kalangan Gen Z yang tetap berusaha sesuai dengan syariat. Dari pemakainnya pula yang awalnya dari jilbab peniti hingga saat ini berkembang menjadi gaya turban. Sehingga, dari perkembangan itulah semakin banyak perempuan muslimah yang bertransformasi dalam penggunaannya. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti dapat memunculkan dua rumusan masalah yaitu, bagaimana transformasi penggunaan jilbab turban perempuan muslimah dan bagaimana persepsi dari muslimah sendiri dalam penggunaan jilbab turban. Dengan menggunakan metode kualitatif yang didapatkan melalui wawancara bersama lima narasumber dari latar belakang yang berbeda-beda, kemudian observasi, dan yang terakhir dokumentasi. Kelima narasumber terebut berada dalam satu generasi yaitu Generasi Z, yang di mana generasi mereka tumbuh bersama dengan era-nya teknologi, sehingga mereka mempunyai keberanian dalam berekspresi. Mereka mempunyai persepsi bahwa gaya turban saat ini merupakan sebuah transformasi gaya jilbab yang terjadi di era modern. Gen Z melihat bahwa turban memiliki gaya yang simpel tetapi masih elegan ketika digunakan dalam kegiatan apapun itu, dan para narasumber melihat bahwa dengan berjilbab ternyata tidak menjadi penghalang bagi seorang perempuan untuk melakukan aktivitasnya. Oleh karena itu, bahwa antusiasme para hijabers saat ini dikarenakan jilbab semakin modern yang membuat penggunanya tetap bisa tampil trendy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larasati, Sekar Ayusekarlarasati292@gmail.com07040220074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDKhalimatu', Nisakhalimatunisa@gmail.com199303172022032001
Subjects: Islam, Pakaian dan Perhiasan
Ideologi Politik
Jilbab
Keywords: Gen Z; transformasi jilbab; persepsi; Turban
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sekar Ayu Larasati
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:56
Last Modified: 10 Jul 2024 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71471

Actions (login required)

View Item View Item