Perancangan rumah susun sederhana milik di Surabaya dengan Pendekatan Arsitektur Humanisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariguno, Fikkry Bagus (2024) Perancangan rumah susun sederhana milik di Surabaya dengan Pendekatan Arsitektur Humanisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fikkry Bagus Ariguno_09020320032 OK.pdf

Download (668kB)
[img] Text
Fikkry Bagus Ariguno_09020320032 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya memiliki rencana untuk membangun rumah susun sederhana milik (Rusunami) di Wonorejo, Kota Surabaya, sebagai solusi terhadap kebutuhan pada hunian rumah terjangkau untuk masyarakat yang sudah tidak lagi termasuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pembangunan Rusunami tersebut akan dilakukan oleh PT Yekape Surabaya dengan skema pembayaran jangka panjang dan angsuran yang terjangkau. Namun, rumah susun sering menghadapi berbagai permasalahan seperti kurangnya perawatan bangunan, kebocoran pipa, atap, dan masalah lingkungan yang mempengaruhi kenyamanan dan keamanan penghuni. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pendekatan arsitektur humanisme dipilih dalam perancangan Rusunami ini. Arsitektur humanisme menekankan pada pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan manusia serta memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan fisik, emosional, dan spiritual manusia. Dengan pendekatan ini, diharap menjadi rancangan yang dapat diciptakan lingkungan hunian yang nyaman, aman, dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar. Dalam konteks pembangunan Rusunami di Wonorejo, pendekatan arsitektur humanisme akan membantu dalam merancang hunian vertikal sederhana yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pribadi penghuninya, tetapi juga mempertimbangkan aspek sosial dalam bangunan. Selain itu, pendekatan ini juga akan memastikan penggunaan ruang yang maksimal untuk menciptakan hunian yang nyaman dan fungsional bagi penghuninya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariguno, Fikkry BagusFikkryb@gmail.com09020320032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Arsitektur
Estetika
Perumahan
Keywords: Rusunami; wonorejo; Surabaya; arsitektur humanisme; hunian terjangkau.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Fikkry Bagus Ariguno
Date Deposited: 09 Jul 2024 21:06
Last Modified: 09 Jul 2024 21:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71519

Actions (login required)

View Item View Item