Mengurangi perasaan insecurity pada remaja melalui metode quantum do'a: studi kasus siswa siswi MAN Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliyananda, Safarah (2024) Mengurangi perasaan insecurity pada remaja melalui metode quantum do'a: studi kasus siswa siswi MAN Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safarah Auliyananda_ 07020620054.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Safarah Auliyananda_07020620054_ Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Perasaan insecurity yang terjadi pada remaja dapat menghambat proses belajar individu karena tidak dapat mengetahui potensi yang dimiliki sehingga individu menjadi tertinggal dari teman sepantaran lainnya. Penelitian ini membahas mengenai penerapan metode quantum do’a melalui kegiatan pembiasaan berupa salat dhuha dan istighosah dalam mengurangi perasaan insecurity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memunculkan perasaan insecurity dan untuk mengetahui efektivitas metode quantum do’a dalam mengurangi perasaan insecurity. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perasaan insecurity muncul diakibatkan oleh beberapa faktor berupa sifat perfeksionis, tidak mendapat dukungan, dan kecemasan sosial. Dalam penelitian ini terdapat 3 responden dengan hasil yang berbeda setelah menerapkan metode quantum do’a. Berikut adalah hasil dari para responden setelah menerapkan metode quantum do’a yaitu pertama, setelah responden menerapkan metode quantum do’a dapat meningkatkan kepercayaan diri yang dimiliki. Kedua, setelah responden menerapkan metode quantum do’a dapat menemukan potensi yang dimilikinya. Ketiga, setelah responden menerapkan metode quantum do’a dapat merasa bersyukur dengan kemampuan yang dimiliki tanpa harus memaksa untuk selalu sempurna. Penerapan metode quantum do’a memiliki pengaruh dalam mengubah remaja yang awalnya merasa insecurity menjadi meningkatkan kepercayaan diri dan mengetahui serta dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliyananda, Safarahfarahan863@gmail.com07020620054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Doa dan Zikir
Psikoterapi
Keywords: Insecurity; remaja; pembiasaan keagamaan; metode quantum do’a
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Safarah Auliyananda
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:43
Last Modified: 15 Jul 2024 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71525

Actions (login required)

View Item View Item