Implementasi strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 3 Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Ulfa (2024) Implementasi strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 3 Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfa Fitriyah_06040120106 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ulfa Fitriyah_06040120106 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Implementasi strategi quantum quotient membantu peserta didik mengembangkan IQ, EQ dan SQ dengan meningkatkan daya ingat menggunakan teknik menghafal cepat sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian (1) Bagaimana implementasi strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka di SMPN 3 Bangkalan (2) Bagaimana implikasi strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka di SMPN 3 Bangkalan (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka di SMPN 3 Bangkalan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui implementasi strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka di SMPN 3 Bangkalan (2) Untuk mengetahui implikasi strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka di SMPN 3 Bangkalan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka di SMPN 3 Bangkalan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil : (1) Implementasi strategi quantum quotient melalui beberapa tahap meliputi menyiapkan perangkat pembelajaran, membagi menjadi perkelompok, menjelaskan materi, menayangkan video atau memutar lagu sebagai contoh, menghafal menggunakan irama, lagu, nyanyian, gerakan, penguatan materi, memberi pertanyaan, menambahi jawaban dan kesimpulan (2) Implikasi strategi quantum quotient membuat peserta didik menjadi lebih aktif, antusias, bersemangat dan giat terhadap pembelajaran dan menjadikan peserta didik lebih mandiri, kreatif, berfikir secara luas dengan teknik menghafal cepat belajar sambil bernyanyi (3) Faktor pendukung meliputi : fasilitas dari sekolah yang tersedia, kreativitas pendidik dan sumber daya manusia yaitu peserta didik. Faktor penghambat meliputi : kurangnya pengalaman pendidik dalam penggunaan media pembelajaran atau IT, keterampilan pendidik karena tanpa ditunjang hal itu proses pembelajaran tidak akan efektif, waktu yang digunakan memerlukan proses berjangka lama dalam perancangan dan persiapan pembelajaran agar cukup matang serta terencana dengan lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Ulfaulfafitriyah20@gmail.com06040120106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Agama
Islam
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi; Strategi Quantum Quotient; Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfa fitriyah
Date Deposited: 10 Jul 2024 13:56
Last Modified: 10 Jul 2024 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71533

Actions (login required)

View Item View Item